Seorang warga mengikuti tes usap Polymerase Chain Reaction (PCR) secara Drive Thru di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (26/10/2021). /Antara Foto-Muhammad Iqbal/wsj.rn
Health

Hasil Tes Covid-19 Berbeda-beda dalam 1 Hari? Pilih yang Mana?

Ni Luh Anggela
Kamis, 10 Februari 2022 - 10:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mendengar kata positif palsu covid?

Atau Anda beberapa kali melakukan tes PCR karena tidak percaya hasil tes Anda positif misalnya, sehingga berusaha melakukan tes ulang.

Kemudian, dari  hasil tes beberapa kali muncul hasil yang berbeda. Ada yang negatif ada juga yang positif. Jadi, hasil tes mana yang harus kita ambil? Apakah hasil negatif karena tes Antigen dan PCR setelahnya menunjukkan negatif Covid-19?

Praktisi Kesehatan dr Muhammad Fajri Adda'i melalui akun Instagramnya, Kamis (10/2/2022) mengatakan, apabila terjadi kasus seperti ini maka hasil yang diambil adalah hasil positif. Mengapa demikian?

Menurutnya, alasan pertama adalah secara umum keakuratan PCR lebih tinggi bila dibandingkan dengan Antigen.

Kedua, jika Anda mendapatkan hasil positif, maka true positifnya sangat tinggi, sehingga sangat spesifik. Artinya, kesalahan untuk menjadi positif palsu sangat kecil.

"Spesifikasinya itu [PCR] dari 95 sampai 99 persen, jadi 1 sampai 2 persen aja kesalahannya. Justru yang negatif tadi jangan-jangan negatif palsu, jadi ngga terdeteksi saja kedua dari terakhir. Jadi jelas ya dia positif dan jangan sampai menularkan kepada orang lain," jelas dr Fajri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro