Kulit kering/Istimewa
Fashion

Ketahui 5 Penyebab Kulit Kering, Salah Satunya Kurang Minum

Ni Luh Anggela
Kamis, 10 Februari 2022 - 17:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki kulit yang lembab dan terawat sudah pasti menjadi dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, beberapa orang menggunakan beragam cara, mulai dari mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi hingga menggunakan beragam skincare.

Akan tetapi, masih banyak pula yang memiliki masalah dengan kulitnya, salah satunya adalah kulit kering.

Mengutip Hello Sehat, Kamis (10/2/2022) kulit kering merupakan masalah yang terjadi pada lapisan kulit paling atas, akibat tidak mendapatkan kelembaban yang cukup. Pada beberapa orang, kulit bisa tampak bersisik, mengelupas hingga pecah-pecah.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Arthur S., mengatakan sebetulnya kulit kering pada umumnya disebabkan oleh beberapa hal yang sangat bisa Anda hindari. Sayangnya, hal tersebut seringkali dilakukan tanpa sadar, sehingga menyebabkan kulit seseorang menjadi kering.

Lantas, apa saja penyebab kulit Anda menjadi kering?

1. Mandi air hangat terlalu lama
Tahukah Anda, mandi air hangat terlalu lama menggunakan air hangat ternyata dapat membuat kulit Anda kering. Arthur menjelaskan, mandi terlalu lama menggunakan air hangat justru membuat minyak alami di kulit Anda luntur, sehingga kulit Anda kehilangan kelembabannya.

"Jadi, secukupnya saja, air suam-suam kuku 3 menit, beres," kata Arthur, mengutip akun Instagramnya, Kamis (10/2/2022).


2. Menggosok badan atau wajah terlalu keras saat mandi atau mencuci muka
Sama halnya dengan poin pertama, menggosok badan atau wajah terlalu keras saat mandi atau mencuci muka dapat menyebabkan minyak alami di kulit Anda hilang.

Arthur mengatakan, sebetulnya tidak masalah jika Anda melakukan exfoliating, akan tetapi, jangan melakukannya setiap hari dan pastikan untuk menggunakan pelembab setelahnya.

3. Berada di ruangan ber AC seharian
AC (air conditioner) seringkali digunakan untuk membuat sebuah ruangan menjadi lebih sejuk. Meskipun begitu, AC dapat menyerap kelembaban dalam ruangan dan membuat udara menjadi kering. Tidak hanya membuat udara di ruangan kering, kulit Anda juga ikut kering jika terlalu lama berada di ruangan ber AC.

4. Menggunakan skincare berbasis retinol tanpa ditemani pelembab
Biasanya, skincare yang mengandung retinol dapat membuat kulit seseorang menjadi kering dan terkelupas. Untuk menghindari kondisi tersebut, Arthur menyarankan agar rutin menggunakan pelembab sebelum menggunakan retinol.

Jika ternyata kulit Anda masih kering, kurangi penggunaan retinol dan kembali gunakan setiap hari apabila kulit Anda sudah beradaptasi.

5. Kurang minum air
Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minum cukup air membuat kulit seseorang menjadi lembab, namun menurut Arthur minum air yang cukup bisa membantu menghidrasi kulit.

"Namun jangan berangan-angan minum air sebanyak-banyaknya biar kulit jadi lembab. Lebih cepat dan lebih ngefek diolesin pelembab ke kulitmu langsung," sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro