Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jenis Diabetes yang Sering Menyerang di Usia Muda

Terkadang tubuh Anda tidak menghasilkan cukup insulin, bahkan tak jarang insulin bekerja dengan tidak baik. Ini bisa menyebabkan diabetes.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 16 Februari 2022  |  12:42 WIB
Jenis Diabetes yang Sering Menyerang di Usia Muda
Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Gula darah sangat vital bagi kesehatan karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan. - Klikdokter/Shuttlecock

Bisnis.com, JAKARTA – Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika glukosa darah atau sering disebut sebagai gula darah meningkat terlalu tinggi. Glukosa darah adalah sumber energi utama bagi tubuh dan berasal dari makanan yang Anda makan. 

Insulin, hormon yang dibuat oleh pankreas, membantu glukosa dari makanan masuk ke sel untuk kemudian dikonversikan menjadi energi. Terkadang tubuh Anda tidak menghasilkan cukup insulin, bahkan tak jarang insulin bekerja dengan tidak baik. Jika hal demikian terjadi, Glukosa dalam darah akan menetap dan tidak mencapai sel-sel Anda, sehingga menyebabkan diabetes.

Meskipun diabetes tidak ada obatnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelola diabetes Anda dan tetap sehat dengan mengenali jenis dan cara pencegahan diabetes, seperti dilansir dari laman healthline.com:

Apa saja jenis diabetes yang perlu diketahui?

Jenis diabetes yang paling umum adalah tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional.

  1. Diabetes tipe 1

Jika Anda memiliki diabetes tipe 1, tubuh Anda tidak membuat insulin. Sistem kekebalan Anda menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas yang membuat insulin. Diabetes tipe 1 biasanya didiagnosis pada anak-anak dan dewasa muda, meskipun dapat muncul pada usia berapa pun. Orang dengan diabetes tipe 1 perlu mengkonsumsi suplemen yang meningkatkan kerja insulin setiap hari.

  1. Diabetes tipe 2

Jika Anda menderita diabetes tipe 2 , tubuh Anda tidak membuat atau menggunakan insulin dengan baik. Anda dapat mengembangkan diabetes tipe 2 pada usia berapa pun, bahkan selama masa kanak-kanak. Namun, jenis diabetes ini paling sering terjadi pada orang paruh baya dan lanjut usia. Tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling umum.

  1. Diabetes gestasional

Diabetes gestasional umumnya berkembang pada beberapa wanita saat mereka hamil. Sebagian besar waktu, diabetes jenis ini hilang setelah bayi lahir. Namun, jika Anda pernah menderita diabetes gestasional, Anda memiliki peluang lebih besar terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari. Terkadang diabetes yang didiagnosis selama kehamilan sebenarnya adalah diabetes tipe 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes tips sehat pemuda
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top