Diabetes pada anak/istimewa
Health

Penting! 11 Cara Mencegah Diabetes Sejak Usia Muda

Alifian Asmaaysi
Rabu, 16 Februari 2022 - 16:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit diabetes merupakan penyakit tidak menular, tetapi paling banyak membunuh orang-orang di Indonesia, bahkan sejak di usia muda.

Ada beberapa cara yang wajib dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes sejak usia muda. Simak cara mencegah diabetes:

1. Kurangi asupan karbohidrat

Kuantitas dan kualitas asupan karbohidrat Anda merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan ketika membuat perubahan pola makan untuk membantu mencegah diabetes.

Tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi molekul gula kecil, yang diserap ke dalam aliran darah Anda. Kenaikan gula darah yang dihasilkan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, hormon yang membantu gula berpindah dari aliran darah ke sel-sel Anda.

Pada penderita pradiabetes, sel-sel tubuh resisten terhadap insulin, sehingga gula darah tetap tinggi. Untuk mengimbanginya, pankreas memproduksi lebih banyak insulin, berusaha menurunkan gula darah.

Oleh karena itu, mengelola asupan karbohidrat secara keseluruhan dan memilih karbohidrat yang tinggi serat kemungkinan merupakan solusi yang lebih baik untuk mencegah diabetes daripada hanya membatasi karbohidrat olahan.

Contoh makanan dan minuman tinggi gula tambahan atau karbohidrat olahan termasuk soda, permen, makanan penutup, roti putih, pasta, dan sereal sarapan manis.

Sayuran non-tepung seperti brokoli dan jamur, buah utuh, oatmeal, dan roti gandum dan pasta adalah pengganti yang lebih sehat. Pilihan ini lebih tinggi serat, yang membantu mengurangi lonjakan gula darah.

Protein tanpa lemak seperti ikan dan lemak sehat dari minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga kurang berpengaruh pada gula darah. Mereka adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda untuk membantu mencegah diabetes tipe 2.

cara mencegah diabetes sejak dini usia muda
cara mencegah diabetes sejak dini usia muda

2. Berolahraga secara teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mencegah diabetes. Orang dengan pradiabetes sering mengalami penurunan sensitivitas insulin, juga dikenal sebagai resistensi insulin. Dalam keadaan ini, pankreas Anda harus membuat lebih banyak insulin untuk mengeluarkan gula dari darah Anda dan masuk ke dalam sel.

Olahraga meningkatkan sensitivitas insulin sel Anda, yang berarti Anda membutuhkan lebih sedikit insulin untuk mengatur kadar gula darah Anda 

Banyak jenis aktivitas fisik telah terbukti mengurangi resistensi insulin dan gula darah pada orang dewasa dengan pradiabetes atau diabetes tipe 2. Ini termasuk latihan aerobik, latihan interval intensitas tinggi (HIIT) , dan latihan kekuatan lainnya.

3. Minum air putih sebagai minuman utama

Minuman manis seperti soda dan jus buah manis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes.

Dengan rutin mengkonsumsi air putih sebagai pengganti minuman manis dapat membantu mengatur kadar gula darah dan insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro