Virus Ebola/Istimewa
Health

12 Virus Paling Mematikan di Dunia Sepanjang Sejarah

Intan Riskina Ichsan
Jumat, 18 Februari 2022 - 13:30
Bagikan

7.  Influensa

Selama musim flu biasa, hingga 650.000 orang di seluruh dunia akan meninggal karena penyakit tersebut. Pandemi flu paling mematikan, kadang-kadang disebut flu Spanyol, dimulai pada tahun 1918 dan membuat sakit hingga 40% populasi dunia, menewaskan sekitar 50 juta orang.

8.  Demam berdarah

Virus ini pertama kali muncul pada 1950-an di Filipina dan Thailand dan sejak itu menyebar ke seluruh wilayah tropis dan subtropis di dunia, menurut Clinical Microbiology Review. Menurut WHO, demam berdarah menginfeksi 100 hingga 400 juta orang per tahun meskipun demam berdarah memiliki tingkat kematian yang lebih rendah daripada beberapa virus lain.

9. Rotavirus

Dua vaksin sekarang tersedia untuk melindungi anak-anak dari rotavirus, penyebab utama penyakit diare parah pada bayi dan anak kecil. Virus ini dapat menyebar dengan cepat, melalui apa yang disebut para peneliti sebagai rute fekal-oral (partikel kecil tinja yang dikonsumsi).

Meskipun anak-anak di negara maju jarang meninggal karena infeksi rotavirus, penyakit ini merupakan pembunuh di negara berkembang, di mana perawatan rehidrasi tidak tersedia secara luas.

10. SARS-CoV

Virus yang menyebabkan sindrom pernafasan akut yang parah, atau SARS, pertama kali diidentifikasi pada tahun 2003 selama wabah di China, menurut WHO. Virus kemungkinan muncul pada kelelawar pada awalnya, kemudian melompat ke mamalia nokturnal yang disebut musang sebelum akhirnya menginfeksi manusia.

Setelah memicu wabah di China, SARS menyebar ke 26 negara di seluruh dunia, menginfeksi lebih dari 8000 orang dan membunuh lebih dari 770 selama beberapa bulan, menurut History.com.

11. SARS-CoV-2

SARS-CoV-2 termasuk dalam keluarga besar virus yang sama dengan SARS-CoV, yang dikenal sebagai coronavirus, dan pertama kali diidentifikasi pada Desember 2019 di kota Wuhan di China. Virus itu berasal dari kelelawar dan melewati hewan perantara sebelum menginfeksi manusia, menurut Nature.

Penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, yang disebut Covid-19, menimbulkan risiko lebih tinggi bagi orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya,. Gejala umum termasuk demam, batuk, kehilangan rasa atau bau dan sesak napas dan gejala yang lebih serius termasuk kesulitan bernapas, nyeri dada dan kehilangan mobilitas.

12. MERS-COV

Virus yang menyebabkan sindrom pernapasan Timur Tengah, atau MERS, memicu wabah di Arab Saudi pada 2012 dan satu lagi di Korea Selatan pada 2015. Virus MERS termasuk dalam keluarga virus yang sama dengan SARS-CoV dan SARS-CoV-2. Menurut WHO, penyakit unta sebelum menular ke manusia ini dan dapat memicu demam, batuk dan sesak napas pada orang yang terinfeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro