Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usai Valentine, Simak Data Seputar Coklat, Bunga, dan Cinta

Hari Valentine seperti yang baru lalu, sering dipandang identik dengan coklat, bunga, serta cinta dan kasih sayang. Bagaimana data seputar hal tersebut. Simak melalui tautan ini.
DataIndonesia.id
DataIndonesia.id - Bisnis.com 18 Februari 2022  |  14:23 WIB
Biji coklat. Foto ilustrasi.  - Reuters/Kwasi Kpodo
Biji coklat. Foto ilustrasi. - Reuters/Kwasi Kpodo

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Valentine seperti yang baru lalu sering dipandang identik dengan coklat, bunga, serta cinta dan kasih sayang. Bagaimana data seputar hal tersebut. Simak melalui tautan ini.

Hari Kasih Sayang atau Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari identik dengan cokelat. Biasanya, cokelat diberikan sebagai kado untuk orang tersayang ketika perayaan Valentine.

Membicarakan cokelat tak bisa lepas dengan bahan baku utamanya, yakni kakao. Di Indonesia, produksi kakao mampu mencapai ratusan ribu ton setiap tahunnya. Pada 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi kakao Indonesia mencapai 713,4 ribu ton.

Jumlah ini menurun 2,9% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 734,7 ribu ton. Melihat trennya, produksi kakao di Indoensia cenderung menurun. Data dan visualisasi selengkapnya lihat di sini

Bunga juga sering diidentikkan dengan Hari Kasih Sayang. Bunga kerap kali diberikan sebagai tanda cinta dari seseorang kepada pasangannya. 

Demi memenuhi permintaan bunga di luar negeri, khususnya saat Valentine, Indonesia turut mengekspor komoditas tersebut setiap tahun. Berdasarkan data Trademap, volume ekspor produk bunga dan kuncup bunga potong segar dari Indonesia mencapai 1.144 ton atau turun 21,16% pada 2020.

Sementara itu, nilai ekspor produk dengan kode HS 0603 ini tercatat sebesar US$4,55 juta pada 2020. Jumlah itu menurun 10,82% dibandingkan pada 2019 yang sebesar US$ 5,1 juta.

Melihat trennya, ekspor produk bunga dari Indonesia terus menurun sejak 2015. Ketika itu, ekspor bunga dari dalam negeri sebesar 3.998 ton. Jumlahnya kemudian berkurang 15,33% menjadi 3.385 ton. Dana dan visualisasi selengkapnya di sini.

Adapun terkait dengan cinta, menarik untuk mengamati aplikasi kencan daring atau dating apps. Jumlah pengeluaran yang bisa dihabiskan masyarakat Indonesia untuk berlangganan dating apps cukup besar. Datanya di sini.

DataIndonesia.id menyajikan beragam data untuk membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat. Ada data tentang bursa dan keuangan, data mengenai industri dan sektor riil, mengenai perkembangan digital, internet dan telekomunikasi, serta data mengenai indikator sosial kemasyarakatan. Selengkapnya di sini.

Anda juga dapat mengakses arsip lengkap mengenai regulasi (peraturan yang dikeluarkan pemerintah), dokumen laporan-laporan industri dan kinerja yang diterbitkan pemerintah serta lembaga kredibel di sini dan di sini serta di sini.

Tidak ketinggalan juga di DataIndonesia.id terdapat arsip mengenai hasil RUPS, kinerja perubahaan terbuka, prospektus ringkas, serta arsip berita dari Bisnis Indonesia Group. Selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

valentine bunga kakao coklat

Sumber : DataIndonesia.id

Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top