Ilustrasi berkumur
Health

3 Cara Berkumur Efektif Guna Cegah Penularan Covid-19 Omicron

Aliftya Amarilisya
Rabu, 23 Februari 2022 - 14:28
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Dokter gigi Andrianto Soeprapto mengatakan bahwa berkumur dipercaya bisa menjadi salah satu langkah untuk mencegah penularan Covid-19, termasuk varian Omicron.

"Diharapkan dengan berkumur dapat membilas virus-virus yang baru awal-awal menempel pada dinding dari saluran nafas. Jadi mencegah virus itu berkembang lebih jauh menginfeksi tubuh kita semakin dalam," ucapnya dalam konferensi pers hasil penelitian "Pengaruh Berkumur Iodin Povidon dan Hidrogen Peroksida terhadap nilai CT RT-PCR SARS-COV-2", dikutip dari Antara pada Rabu (23/2/2022).

Nah, lalu bagaimana cara berkumur yang efektif ini? Berikut ulasannya.

1. Berkumur setiap dari keluar rumah

Selain mencuci tangan, sepulang dari beraktivitas di luar rumah, biasakanlah untuk langsung berkumur ketika tiba di rumah.

"Berkumur pada rongga mulut dan tenggorokan belakang penting untuk menurunkan jumlah virus dan risiko penyebaran pada tahap-tahap awal infeksi," ucap drg. Andrianto.

2. Berkumur selama semenit

Dari hasil penelitiannya, drg. Andrianto menyarakan agar berkumur dilakukan selama 30 detik di rongga belakang mulut dan 30 detik di tenggorokan belakang sebanyak tiga kali dalam sehari.

3. Gunakan 15 ml Iodine Povidone

Iodine Povidone adalah produk yodium yang umumnya digunakan dalam larutan antiseptik untuk mendesinfeksi luka ringan pada kulit. Drg. Andrianto mengatakan, berkumur menggunakan larutan Iodin Povidon dan hidrogen peroksida dapat mengganggu membran lipid virus. Larutan dengan komposisi tersebut biasa ditemui dalam obat kumur di pasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro