Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah yang berjerawat/Freepik
Health

Munculnya Jerawat Berkaitan dengan Konsumsi Makanan, Mitos atau Fakta?

Newswire
Kamis, 24 Februari 2022 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Tak sedikit orang yang berpendapat bahwa ada hubungan langsung antara munculnya jerawat dengan makanan yang dikonsumsi sehari-sehari, sehingga mereka pun cenderung menghindari makanan tertentu. Namun, benarkah demikian?

Dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) mengatakan hal tersebut sebagai mitos.

Dia meyatakan, tak ada hubungan langsung antara jerawat dan makanan yang makanan yang seseorang konsumsi.

"Memang dalam penelitian long term ada yang menyebutkan tidak boleh makan diet ini dan itu, tetapi sebenarnya tidak berhubungan langsung. Bukan seperti alergi obat atau makanan, misalnya hari ini makan kacang atau seafood dalam setengah jam akan bengkak wajahnya," kata dia.

Dr. Anthony menjelaskan, jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti produksi kelenjar minyak sebum berlebihan, hormon yang tidak seimbang hingga sumbatan pada kelenjar minyak di kulit.

Sementara dari sisi faktor risiko, gaya hidup, suhu udara, kesehatan mental, tingkat stres, personal hygienis, komitmen dan ketaatan pasien dalam berobat, dan faktor genetik juga dapat menyumbangkan munculnya penyakit jerawat.

"Mitosnya orang jerawatan tidak boleh makan kacang, yang berlemak dan sebagainya, itu mitos yang berkembang," kata Anthony.

Konsumsi cokelat dan makanan berminyak juga dikatakan tidak banyak berpengaruh pada munculnya jerawat. Akan tetapi, studi menunjukkan konsumsi makanan tertentu termasuk mengandung karbohidrat, seperti roti, dan keripik dapat memperburuk jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro