Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Munculnya Jerawat Berkaitan dengan Konsumsi Makanan, Mitos atau Fakta?

Benarkah ada hubungan langsung antara munculnya jerawat dan makanan yang dikonsumsi? Begini penjelasan dari dokter kulit.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  14:30 WIB
Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah yang berjerawat - Freepik
Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah yang berjerawat - Freepik

Bisnis.com, SOLO - Tak sedikit orang yang berpendapat bahwa ada hubungan langsung antara munculnya jerawat dengan makanan yang dikonsumsi sehari-sehari, sehingga mereka pun cenderung menghindari makanan tertentu. Namun, benarkah demikian?

Dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) mengatakan hal tersebut sebagai mitos.

Dia meyatakan, tak ada hubungan langsung antara jerawat dan makanan yang makanan yang seseorang konsumsi.

"Memang dalam penelitian long term ada yang menyebutkan tidak boleh makan diet ini dan itu, tetapi sebenarnya tidak berhubungan langsung. Bukan seperti alergi obat atau makanan, misalnya hari ini makan kacang atau seafood dalam setengah jam akan bengkak wajahnya," kata dia.

Dr. Anthony menjelaskan, jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti produksi kelenjar minyak sebum berlebihan, hormon yang tidak seimbang hingga sumbatan pada kelenjar minyak di kulit.

Sementara dari sisi faktor risiko, gaya hidup, suhu udara, kesehatan mental, tingkat stres, personal hygienis, komitmen dan ketaatan pasien dalam berobat, dan faktor genetik juga dapat menyumbangkan munculnya penyakit jerawat.

"Mitosnya orang jerawatan tidak boleh makan kacang, yang berlemak dan sebagainya, itu mitos yang berkembang," kata Anthony.

Konsumsi cokelat dan makanan berminyak juga dikatakan tidak banyak berpengaruh pada munculnya jerawat. Akan tetapi, studi menunjukkan konsumsi makanan tertentu termasuk mengandung karbohidrat, seperti roti, dan keripik dapat memperburuk jerawat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan kulit jerawat

Sumber : Antara

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top