Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Cara Menolak Seseorang dengan Baik

Ketika harus menolak seseorang, tidak ada ruang untuk ambiguitas. Sampaikan secara jelas dan penuh sopan santun.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  21:35 WIB
4 Cara Menolak Seseorang dengan Baik
Ilustrasi - Testube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penolakan adalah situasi yang paling canggung dalam dunia kencan. Betapapun tersanjungnya mengetahui bahwa seseorang tertarik pada Anda, itu menciptakan situasi yang sulit jika Anda tidak merasakan hal yang sama. 

Bagaimana respon Anda jika seseorang yang tidak Anda minati mengajak Anda berkencan? Bagaimana Anda dengan mudah mengecewakan mereka? Bagaimanapun, kita semua tahu bahwa penolakan bukan pengalaman yang paling menyenangkan.

Melansir dari Pink Villa, Kamis (24/2), berikut adalah 4 cara sopan untuk menolak seseorang tergantung pada situasi dan jenis hubungan yang Anda miliki dengan orang tersebut.

  1. Buatlah sejelas mungkin

Ketika harus menolak seseorang, tidak ada ruang untuk ambiguitas. Anda mungkin tergoda untuk menutupi apa yang akan Anda katakan, tetapi jangan! Kejujuran adalah kebijakan terbaik dalam situasi ini. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berkomunikasi dengan tenang tetapi tegas bahwa Anda tidak tertarik. Seharusnya tidak ada keraguan tentang keputusan atau perasaan Anda.

  1. Jaga agar tetap santai

Jika seorang rekan mengajak Anda berkencan, jelaskan bahwa Anda tidak tertarik dan tidak merasa berkewajiban untuk menjelaskan alasannya. Mempertahankan nada santai akan membuat kedua belah pihak merasa lebih nyaman dalam situasi yang canggung. 

Anda bisa coba mengatakan ini, “Saya menghargai kepercayaan Anda untuk bertanya kepada saya, tetapi saya tidak berpikir kita berada di perasaan yang sama. Aku tidak mencari hubungan, tapi terima kasih sudah bertanya.”

  1. Terima kenyataan bahwa Anda akan menyakiti mereka

Dia akan marah tidak peduli yang Anda katakan padanya. Namun, yang Anda lakukan itu benar karena Anda meminimalkan dampak padanya dengan menekankan alasan Anda meninggalkannya. Jika Anda tidak segera jujur, maka semakin dalam Anda akan menyakitinya. Beri tahu tentang niat Anda untuk berbicara dengannya dengan nada positif. Apa yang dia lakukan selanjutnya, sepenuhnya adalah keputusan dia.

  1. Jangan digantung

Asumsikan Anda mendekati seseorang dan bersikeras untuk bertemu dengannya karena Anda pikir Anda akan bersamanya. Namun, bertemu mereka mengubah persepsi Anda. Maka jangan menghina mereka. Sebaliknya, beri tahu mereka dengan jelas tentang niat Anda. 

Anda bisa coba mengatakan ini, “Kamu adalah orang yang baik, tetapi saya menyadari bahwa kita memiliki tujuan yang sangat berbeda dalam hidup. Oleh karena itu, kita tidak bisa menjalin hubungan bersama. Saya berharap yang terbaik saat Anda melanjutkan perjalanan Anda.”

Jadi, lain kali Anda harus berani menolak seseorang dan mengatakan yang sebenarnya. Ingat saran-saran ini untuk membantu Anda. Bila Anda tidak segera melakukannya, maka Anda akan semakin memperkeruh keadaan ke depannya.

Mungkin akan terlihat indah di awal, padahal Anda sedang menciptakan jebakan pada diri sendiri. Tentu, ini tidak akan mudah, tetapi setidaknya Anda telah mencobanya dengan bersikap sopan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inspirasi minta maaf tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top