Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Peringkat 5 di Dunia, Jumlah Perempuan Menduduki Posisi Manajemen Senior

Organisasi global penyedia jasa audit Grant Thornton menemukan jumlah perempuan yang memegang posisi manajemen senior di perusahaan secara global mencatat kenaikan ke angka 32 persen. Indonesia nomor 5.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 09 Maret 2022  |  06:31 WIB
Indonesia Peringkat 5 di Dunia, Jumlah Perempuan Menduduki Posisi Manajemen Senior
Pengusaha wanita
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – CEO Grant Thornton Indonesia Johanna Gani pun mengatakan, bahwa peran perempuan Indonesia dalam dunia kerja makin penting pascapandemi Covid-19.

Hal ini terlihat dari hasil survei Grant Thornton yang menyatakan adanya peningkatan jumlah perempuan yang menempati senior management sebanyak 3 poin di angka 38 persen dibanding tahun lalu.

Laporan ini juga menempatkan Indonesia di peringkat ke-5 sebagai negara dengan posisi manajemen senior perempuan paling banyak secara global.

“Hal ini menunjukkan peran perusahaan Indonesia untuk terus menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesetaraan gender dan menciptakan budaya inklusif, terutama untuk para perempuan Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (9/3/2022).

Dia menilai, ke depan perusahaan harus turut menjunjung serta menciptakan budaya inklusif yang menghargai pendapat dan nilai-nilai yang dimiliki tiap individu.

Untuk mencapai kesetaraan gender dalam perusahaan, perlu peran aktif dari seluruh pihak untuk menciptakan budaya kesetaraan gender yang mendukung perempuan untuk dapat berkembang dan berkreasi dalam dunia kerja.

“Hal tersebut sangat penting untuk mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan karena apabila setiap karyawan merasa nyaman untuk mengekspresikan dirinya, tentunya mereka akan mampu menampilkan kinerja terbaik untuk lebih terlibat dan berkontribusi bagi masa depan perusahaan,” tutur Johanna.

Organisasi global penyedia jasa audit Grant Thornton menemukan, bahwa jumlah perempuan yang memegang posisi manajemen senior di perusahaan secara global naik ke angka 32 persen.

Bersarkan laporan tahunan Grant Thornton Women in Business 2022, peran perempuan dalam upaya penanggulangan dan pemulihan Covid-19 dengan posisi manajemen senior di perusahaan secara global mencatat kenaikan dari angka 31 persen pada 2021 menjadi 32 persen pada 2022.

Global Leader Grant Thornton International Ltd. Kim Schmidt mengatakan, walaupun secara kasat mata seakan tidak ada hubungan langsung antara pandemi dengan kesetaraan gender, ternyata dua tahun pandemi menyiratkan adanya dampak tidak langsung pandemi terhadap kesetaraan gender.

“Kami melihat kebijakan perusahaan kini dirancang semakin inklusif untuk menarik calon karyawan serta mempertahankan SDM yang ada. Hal tersebut pada akhirnya menguntungkan banyak perempuan, yang dahulu lebih banyak menemui keterbatasan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manajemen hari perempuan internasional
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top