Ilustrasi gigi berlubang
Health

2 Makanan yang Bikin Gigi Anda Putih dan Kuat

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 24 Maret 2022 - 04:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan gigi selalu menjadi perhatian. Salah satu aspek kesehatan manusia yang paling diabaikan, beban masalah gigi semakin meningkat selama pandemi.

Kebersihan mulut yang buruk tidak hanya menyebabkan gigi berlubang, erosi gigi, dan peradangan gusi, tetapi juga terkait dengan penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Melansir Times of India, cara terbaik untuk menghindari kerusakan gigi adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda.

Meskipun menyikat gigi dan flossing dua kali sehari adalah langkah dasar untuk menjaga kesehatan mulut, makanan yang Anda makan juga dapat membantu menjaga gigi Anda tetap berkilau dan kuat. Menurut seorang ahli, dua makanan dapat membantu mengurangi risiko masalah gigi.

​1. Cokelat untuk kesehatan mulut

Dalam sebuah wawancara dengan tabloid yang berbasis di Inggris, Dr Khaled Kasem, Kepala Ortodontis di Impress, mengungkapkan bahwa beberapa makanan membantu menghilangkan plak dan menjaga kesehatan gusi. Ia mengatakan cokelat merupakan salah satu makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Dia menjelaskan, butiran cokelat mengandung zat antibakteri kuat yang dapat membantu mengatasi masalah gigi. Namun, bukan berarti Anda harus mengonsumsi cokelat secara berlebihan. Sepotong kecil cokelat dalam sehari dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

2. Manfaat mengandung produk susu

Makanan kedua yang disebut ahli adalah produk susu yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Ia menjelaskan, memasukkan susu ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu memperkuat dan memutihkan gigi. Selain itu, kalsium dan fosfat dalam produk susu memberikan nutrisi yang cukup untuk gigi Anda dan membangun kembali email gigi.

Makanan lain yang bisa disertakan

Meskipun susu dan coklat adalah dua pilihan utama Dr Kasem, dia menyatakan bahwa buah beri dan buah-buahan juga sangat baik untuk mereka yang mencoba menjaga kesehatan mulut mereka. Buah-buahan seperti stroberi, apel, dan blueberry kaya akan nutrisi dan juga tinggi serat yang dapat membersihkan plak dan mengurangi risiko gigi berlubang.

Saat Anda mengunyah buah-buahan ini, mulut Anda menghasilkan lebih banyak air liur, yang berfungsi sebagai pelindung gigi dan menghilangkan plak. Mereka juga rendah kandungan gula sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kuantitas. Buah beri juga memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Makanan yang berbahaya bagi gigi Anda

Sementara beberapa makanan dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut Anda, yang lain dapat memperburuknya lebih lanjut. Jika Anda sudah berurusan dengan masalah gigi, lebih baik untuk menghindarinya. Berikut makanan yang tidak baik untuk kesehatan mulut jika dikonsumsi secara berlebihan.

Buah jeruk

Kopi

Permen

Acar

Minuman olahraga

Anggur

Tips menjaga kesehatan mulut

Langkah-langkah kecil dapat memberikan dampak besar pada kesehatan mulut Anda dalam jangka panjang. Jadi upaya kecil setiap hari dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah:

Berhenti merokok

Hindari alkohol

Sikat gigi dua kali

Floss setelah setiap makan

Buang lidahmu

Coba tarik minyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro