Bangun dan berjalan setiap 2-3  jam dalam sehari. /Bloomberg
Health

4 Cara Bijak untuk Self-Reward Usai Olahraga

Nabila Dina Ayufajari
Jumat, 25 Maret 2022 - 21:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda berolahraga setiap hari, maka hadiah terbaik yang bisa Anda berikan pada diri sendiri adalah tubuh sehat dengan stamina fisik.

Namun, bila Anda seorang pemula yang baru saja mulai berolahraga, maka manfaat fisiknya mungkin membutuhkan waktu untuk terwujud. Anda harus segera menghadiahi diri sendiri jika Anda ingin mengembangkan kebiasaan berolahraga.

Melansir dari Pink Villa pada (25/3/2022), ada 4 cara kecil untuk menghargai diri sendiri setelah sesi latihan fisik yang sulit.

1. Istirahat

Istirahat dan relaksasi bermanfaat tidak hanya untuk tubuh Anda, tetapi juga untuk pikiran Anda setelah berhasil berolahraga.

Setelah berolahraga, bersantai dengan membaca buku, tidur siang, atau menonton episode acara televisi favorit Anda. Untuk produktivitas maksimum, pastikan untuk menetapkan batasan waktu buat jam istirahat Anda.

2. Lacak pencapaian Anda

Terkadang yang Anda butuhkan hanya seseorang yang memperhatikan kemajuan Anda. Bahkan, mencapai tonggak terkecil harus menjadi alasan untuk perayaan.

Ketika Anda menetapkan tujuan yang mustahil, Anda mungkin berkecil hati jika tidak melihat hasil yang besar dalam beberapa minggu. Membuat jurnal untuk menuliskan catatan setelah setiap latihan fisik adalah pendekatan yang fantastis untuk mengukur peningkatan Anda.

3. Beli perlengkapan kebugaran baru

Pakaian olahraga dan alas kaki telah terbukti meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi untuk berolahraga. Memiliki pakaian olahraga yang tepat juga dapat membantu Anda mencapai tujuan kebugaran Anda.

Kain breathable membantu Anda tetap merasa sejuk dengan mengurangi kelembaban. Sepatu lari harus memberikan kenyamanan dan dukungan. Pastinya, Anda tidak ingin membatasi rentang gerak Anda dengan mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar.

4. Manjakan diri dengan suguhan manis atau gurih

Tidak ada bedanya jika Anda berlari lima kilometer setiap hari atau jika satu-satunya aktivitas fisik Anda adalah berjalan kaki ke toko kelontong di malam hari.

Terlepas dari berapa banyak sit-up yang dapat Anda lakukan dalam 30 detik, makanan adalah sumber energi, makanan diperlukan, dan makanan dimaksudkan untuk dinikmati. Oleh karena itu, tidak apa-apa untuk Anda menikmati beberapa hidangan kesukaan Anda dengan batasan.

Menciptakan self-reward untuk berolahraga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan motivasi diri untuk berolahraga. Penghargaan individual membantu dalam adaptasi terhadap tugas dan rutinitas baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro