Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Kulit Sehat dan Glowing, Berikut 7 Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari

Berikut 7 makanan untuk dikonsumsi demi mendapatkan kulit yang lebih baik dan sehat,
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  14:56 WIB
/Antara
/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda benar-benar mempengaruhi kesehatan Anda, baik secara internal maupun eksternal.

Meskipun ada ribuan produk di pasaran yang dimaksudkan untuk memberi Anda kulit segar dan awet muda impian Anda, tidak ada produk yang benar-benar dapat menggantikan manfaat diet yang baik. Konsumsi buah dan sayuran merupakan metode yang paling sehat dan aman untuk menjaga diet seimbang dan kulit tampak awet muda, Tapi bukan hanya buah dan sayuran yang membuat perbedaan.

Berikut 7 makanan untuk dikonsumsi demi mendapatkan kulit yang lebih baik dan sehat, dilansir dari Health Diggest:

1. Ikan berlemak

Tingginya kadar asam lemak omega-3, vitamin E, dan seng membuat ikan berlemak menjadi istimewa dan sangat baik untuk kulit Anda. Ketiga nutrisi ini bersama-sama membantu mencegah kulit kering, menjaganya agar tetap lembap dan kuat. Selain itu, dapat membantu mendorong regenerasi sel kulit dan mengurangi kemerahan dan peradangan.

2. Teh hijau

Teh hijau bukanlah "makanan", tetapi Anda harus menambahkannya ke daftar "untuk diminum" karena ini adalah pilihan yang bagus dan menyehatkan kulit. Kunci manfaat teh hijau adalah polifenol, menjadikannya antioksidan dan anti-inflamasi. Teh hijau tidak hanya baik dikonsumsi, tetapi juga digunakan secara topikal. dapat digunakan sebagai toner yang bagus untuk mengobati jerawat.

3. Jahe

Jahe, dikemas penuh dengan anti-peradangan dan antioksidan, yang umumnya baik untuk Anda. Terutama jika Anda memiliki kondisi kulit yang berhubungan dengan peradangan, seperti jerawat, psoriasis, atau eksim. Jahe juga memiliki sifat "antikarsinogenik" yang bahkan dapat membantu berperan dalam mencegah kanker kulit.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan selenium dan vitamin E, yang berarti mereka menawarkan manfaat antioksidan yang melindungi kulit. Mengonsumsi tingkat selenium yang lebih tinggi dalam makanan dapat mengurangi risiko kanker hingga 31% dan mengurangi kematian terkait kanker hingga 40%.

5. Alpukat

Wanita yang makan lebih banyak sayuran hijau dan kuning serta lebih sedikit lemak jenuh memiliki lebih sedikit kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit.

6. Tomat

Manfaat likopen pada tomat adalah membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV matahari. Faktanya, itu bahkan dapat membantu mengurangi risiko terbakar sinar matahari. Artinya, sebelum Anda berlibur ke pantai, Anda harus mengonsumsi tomat atau produk kaya likopen lainnya setiap hari.

7.  Bayam dan sayuran hijau lainnya

Sayuran hijau, termasuk kangkung, sawi, dan brokoli kaya akan vitamin K, seng, dan zeaxanthin, yang masing-masing meningkatkan sirkulasi darah dan koagulasi, mencegah jerawat dan peradangan, dan meratakan warna kulit.

Adapun berikut 7 makanan yang sebaiknya Anda hindari:

1. Gula halus

Gula yang sangat halus telah dikaitkan dengan penambahan berat badan dan sejumlah kondisi kesehatan kronis, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit hati berlemak. Mengkonsumsi gula halus dan karbohidrat secara terus-menerus dapat mendatangkan malapetaka pada kulit Anda juga.

2. Susu

Produk susu seperti keju, es krim, dan yogurt, masih belum diketahui apakah terkait langsung dengan masalah kulit atau tidak. Namun demikian, tampaknya ada korelasi antara konsumsi susu dan jerawat.  Masalahnya adalah banyak makanan susu cenderung tinggi gula. Hormon yang diberikan sapi bisa berupa analog steroid, yang bisa membuat Anda berjerawat.

3. Alkohol

Alkohol membuat kulit Anda dehidrasi dan akan menyebabkan kerutan dan pori-pori Anda lebih terlihat. Ketika Anda ingin memaksimalkan cahaya muda Anda, alkohol hanya akan menyedot kulit Anda kering dan membuat Anda terlihat lebih tua.

4. Daging dengan nitrat atau nitrit

Nitrat biasanya ditemukan dalam daging olahan, seperti bacon dan hot dog. Nitrat adalah senyawa yang relatif stabil yang tidak mungkin membahayakan dirinya sendiri, tetapi begitu mereka tertelan, mereka dapat diubah menjadi nitrit dan membentuk nitrosamin, karsinogen yang dikenal. Risiko nitrat ini berubah menjadi nitrosamin meningkat ketika daging olahan dimasak dengan panas tinggi.

5. Protein Whey

Suplemen atau makanan olahan dengan tambahan protein whey dipertanyakan untuk kulit Anda. Protein whey yang dikonsumsi oleh binaragawan telah dikaitkan dengan lebih banyak jerawat.

6. Kopi yang Berlebihan

Kopi tidak mungkin merusak kulit Anda. Tapi itu pasti tidak akan membantu Anda dalam hal tingkat hidrasi kulit Anda.Kopi bertindak sebagai diuretik, sel-sel kulit kita terbuat dari air, dan setiap kali mengerut, Anda kehilangan kilau dan kekenyalannya. Saat Anda minum kopi, pastikan Anda melakukan rehidrasi dengan mencocokkan asupan kopi Anda dengan air.

7. Makanan yang digoreng

Tidak dapat disangkal bahwa makanan yang digoreng rasanya enak. Tetapi makan terlalu banyak lemak tidak sehat ini juga dapat membuat kulit Anda lebih berminyak.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top