llustrasi susu segar/Freepik
Health

Manfaat Minum Susu Kurma Saat Puasa Ramadan

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 29 Maret 2022 - 18:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jelang Ramadhan masyarakat disibukkan dengan berbagai persiapan terutama pemenuhan kebutuhan nutrisi harian agar tetap fit dalam menjalani aktivitas serta membantu menjaga imunitas khususnya di masa pandemi ini.

Sumber nutrisi selama puasa bisa didapat dari susu dan kurma yang saat ini sedang banyak disukai orang. Susu kurma sendiri disebutkan mengandung 9 vitamin dan 9 mineral mampu menggantikan nutrisi tubuh yang hilang selama berpuasa.

Kurma sendiri menjadi komoditi yang banyak dicari oleh masyarakat khususnya untuk sahur dan berbuka puasa. Tidak hanya karena rasanya yang manis dan legit, kurma juga memiliki banyak manfaat diantaranya mudah dicerna sehingga dapat mengembalikan energi selepas puasa dan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Menurut dr. Feni Nugraha Mars, Mgz, SpGK, susu mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

“Di dalam 1 gelas susu mengandung kalsium sekitar 300 mg, yang setara dengan 30% kebutuhan kalsium harian kita. Kebaikan keduanya (susu dan kurma) mampu menjaga tahan tubuh kita terutama saat puasa dan menjaga tubuh untuk tetap baik. Susu kurma bisa sebagai takjil, diminum begitu saja, atau sebagai pelengkap,” jelasnya.

Dia melanjutkan, bahwa berpuasa bukan halangan untuk beraktivitas, tanpa melupakan nutrisi tubuh yang masuk.

“Berpuasa bukan halangan untuk beraktivitas seperti biasa. Namun kita harus lebih memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh saat sahur dan berbuka. Selain mengandung protein hewani, susu kurma juga mengandung zat gizi lain, seperti karbohidrat, lemak, laktosa, vitamin dan mineral,” ujar dr. Feni.

“Sangat penting untuk memperhatikan asupan yang kita konsumsi, salah satunya dengan minum susu. Seperti nanti saat Ramadan, konsumsi susu bisa saat sahur dan berbuka apalagi ada varian kurma, teman yang cocok banget untuk buka dan sahur,” ujar Bernadeth Virna Widiastuty, Marketing Manager Global Dairi Alami produsen susu Milklife.

Public Figure, Nycta Gina, yang secara rutin memberikan asupan susu kepada anaknya merasa kehadiran susu kurma merupakan kabar yang baik karena praktis.

“Dulu susu kurma bikin sendiri, sebisa mungkin aku cukupin kebutuhan nutrisinya. Kabar gembira sekarang ada susu kurma, itu bagus banget bisa diminum kapan saja dan dimana aja. Gak sekedar diminum gitu aja, tapi bisa dijadikan menu takjil buka puasa, sesimple itu,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro