Tips Keuangan. /Bisnis.com
Relationship

Tips Kelola Uang di Bulan Puasa, Supaya Tidak Boros

Jessica Gabriela Soehandoko
Jumat, 1 April 2022 - 18:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali di bulan Puasa banyak keinginan yang ingin dipenuhi sehingga membuat pengeluaran Anda bisa menjadi lebih besar.

Untuk itu, agar mengantisipasi godaan atau pengeluaran yang membengkak di bulan puasa, ada baiknya Anda mempersiapkan atau mengetahui tips untuk mengelola keuangan Anda.

Jika Anda ingin melakukannya, berikut beberapa tips dalam mengatur keuangan Anda selama bulan puasa, agar tidak boros.

1. Membuat perencanaan keuangan

Hal ini merupakan langkah awal yang dapat Anda lakukan. Buatlah daftar berisi prioritas seperti biaya operasional rumah, untuk dana buka puasa atau sahur, untuk membeli baju baru dan lain-lainnya.

2. Berbelanja lebih awal

Tentunya pada saat bulan ramadan, kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan. Untuk itu, Anda bisa berbelanja lebih awal namun dalam jumlah yang wajar.

3. Jangan membeli produk yang kurang penting

Sesuai dengan daftar prioritas, hindarilah pengeluaran yang tidak penting. Anda harus lebih cermat untuk memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu.

4. Catat pengeluaran Anda

Dengan mencatat pengeluaran, maka Anda akan mengetahui pengeluaran yang Anda keluarkan setiap harinya. Dengan ini, maka Anda akan lebih bisa mengontrol terutama jika berlebihan.

5. Berkomitmen

Tetaplah berkomitmen pada perencanaan yang telah Anda persiapkan. Dengan Anda berkomitmen dan konsisten, maka pengeluaran Anda tidak akan membengkak dan sesuai dengan harapan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro