Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asal Usul Dirayakannya April Mop, Hari Prank Sedunia

Hari April Mo dirayakan pada tanggal 1 April setiap tahun telah dirayakan selama beberapa abad oleh budaya yang berbeda, meskipun asal-usul pastinya tetap menjadi misteri.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 April 2022  |  08:38 WIB
April Mop
April Mop

Bisnis.com, JAKARTA -1 April diperingati sebagai April mop di selutuh dunia  

Di hari ini, umumnya orang memanfaatkannya untuk mengelabui, mengerjai atau yang kini sedang hits mem prank seseorang.

Melansir history.com, hari April Mop dirayakan pada tanggal 1 April setiap tahun telah dirayakan selama beberapa abad oleh budaya yang berbeda, meskipun asal-usul pastinya tetap menjadi misteri.

Tradisi Hari April Mop termasuk bermain hoax atau lelucon praktis pada orang lain, sering meneriakkan "April Mop!" di akhir untuk petunjuk dalam subjek lelucon Hari April Mop. Sementara sejarah tepatnya diselimuti misteri.

Asal Usul Hari April Mop

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop berasal dari tahun 1582, ketika Prancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang ditetapkan oleh Konsili Trente pada tahun 1563. Dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April.

Orang-orang yang lambat mendapatkan berita atau tidak menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April menjadi bahan lelucon dan hoaks dan disebut “April Fools.” Lelucon ini termasuk menempatkan ikan kertas di punggung mereka dan disebut sebagai "poisson d'avril" (ikan April), dikatakan melambangkan ikan muda yang mudah ditangkap dan orang yang mudah tertipu.

Hilaria di Roma Kuno

Sejarawan juga mengaitkan Hari April Mop dengan festival seperti Hilaria (bahasa Latin untuk kegembiraan), yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. Ini melibatkan orang-orang berdandan dalam penyamaran dan mengejek sesama warga dan bahkan hakim dan dikatakan terinspirasi oleh legenda Mesir Isis, Osiris dan Seth.

Vernal Equinox dan April Mop

Ada juga spekulasi bahwa Hari April Mop terkait dengan titik balik musim semi, atau hari pertama musim semi di Belahan Bumi Utara, ketika Alam membodohi orang dengan cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi.

Sejarah Hari April Mop

Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi menjadi acara dua hari, dimulai dengan "berburu gowk", di mana orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh) dan diikuti oleh Tailie Day, yang melibatkan pranks dimainkan di pantat orang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda "tendang saya" pada mereka.

Lelucon Hari April Mop

Di zaman modern, orang telah berusaha keras untuk membuat tipuan Hari April Mop yang rumit. Surat kabar, stasiun radio dan TV, serta situs web telah berpartisipasi dalam tradisi 1 April yang melaporkan klaim fiktif keterlaluan yang telah membodohi audiens mereka.

Pada tahun 1957, BBC melaporkan bahwa petani Swiss mengalami rekor panen spageti dan menunjukkan rekaman orang memanen mie dari pohon. Pada tahun 1985, penulis Sports Illustrated, George Plimpton, menipu banyak pembaca ketika ia membuat artikel yang dibuat-buat tentang seorang pelempar pemula bernama Sidd Finch yang dapat melempar bola cepat dengan kecepatan lebih dari 168 mil per jam.

Pada tahun 1992, National Public Radio memuat berita dengan mantan Presiden Richard Nixon mengatakan bahwa dia mencalonkan diri sebagai presiden lagi… hanya saja itu adalah seorang aktor, bukan Nixon, dan segmen itu semuanya merupakan lelucon April Mop yang mengejutkan negara itu.

Pada tahun 1996, Taco Bell, jaringan restoran cepat saji, menipu orang-orang saat mengumumkan bahwa mereka setuju untuk membeli Liberty Bell Philadelphia dan bermaksud mengganti namanya menjadi Taco Liberty Bell. Pada tahun 1998, setelah Burger King mengiklankan “Left-Handed Whopper”, banyak pelanggan yang tidak mengerti meminta sandwich palsu. Google terkenal menyelenggarakan lelucon Hari April Mop tahunan yang mencakup segala hal mulai dari "pencarian telepati" hingga kemampuan memainkan Pac Man di Google Maps.

Untuk penipu rata-rata, selalu ada lelucon Hari April Mop klasik yang menutupi toilet dengan bungkus plastik atau mengganti gula dan garam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

april april mop sejarah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top