Ilustrasi serangan jantung/Freepik.com
Health

Kena Covid Belum Vaksin Berisiko Tinggi Kena Miokarditis dan Radang Jantung

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 3 April 2022 - 10:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang yang terinfeksi Covid-19 dan belum pernah disuntik vaksin berisiko tinggi mengalami miokarditis dan  peradangan jantung lainnya. Risiko ini lebih tinggi daripada mereka yang telah divaksinasi dan terinfeksi covid.

Temuan ini menurut sebuah penelitian besar yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

CDC menemukan risiko miokarditis, perikarditis, dan sindrom inflamasi multisistem lebih tinggi setelah infeksi Covid daripada setelah vaksinasi Pfizer atau Moderna pada pria dan wanita berusia 5 tahun ke atas. Namun, kondisi jantung ini jarang terjadi setelah infeksi dan vaksinasi, menurut CDC. Demikian dilansir dari CNBC.

Miokarditis adalah peradangan pada otot jantung dan perikarditis adalah peradangan pada lapisan luar jantung. Peradangan multisistem adalah kondisi yang terkait dengan infeksi Covid yang memengaruhi banyak sistem organ.

Vaksin Pfizer dan Moderna telah dikaitkan dengan peningkatan risiko miokarditis dan perikarditis setelah dosis kedua, terutama di antara anak laki-laki berusia 12 hingga 17 tahun. Namun, bahkan dalam kelompok ini, risiko miokarditis dan perikarditis lebih tinggi setelah infeksi Covid daripada setelah vaksinasi, menurut CDC.

Di antara remaja laki-laki, tingkat miokarditis atau perikarditis setelah infeksi setidaknya 50 kasus per 100.000 orang, dibandingkan dengan setidaknya 22 kasus per 100.000 setelah dosis vaksin kedua. Risiko keseluruhan kondisi jantung setelah infeksi Covid naik hingga 5,6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan dosis vaksin kedua. Risikonya meningkat hingga 69 kali lebih tinggi setelah infeksi dibandingkan dengan suntikan pertama.

CDC memeriksa catatan kesehatan elektronik lebih dari 15 juta orang berusia 5 tahun ke atas di 40 sistem perawatan kesehatan dari Januari 2021 hingga Januari 2022. Para ilmuwan mempelajari risiko mengembangkan kondisi jantung setelah infeksi Covid dibandingkan dengan yang pertama dan dosis kedua vaksin Pfizer dan Moderna. Studi ini mengecualikan dosis booster dari perbandingan.

Secara keseluruhan, risiko masalah jantung setelah infeksi Covid adalah 2 hingga 115 kali lebih tinggi dibandingkan dengan vaksinasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan dosis yang diberikan.

Pada bulan Februari, CDC mengatakan pria berusia 12 hingga 39 tahun harus mempertimbangkan untuk menunggu delapan minggu antara dosis pertama dan kedua vaksin Pfizer atau Moderna untuk mengurangi risiko miokarditis. Otoritas kesehatan masyarakat Kanada telah menemukan bahwa tingkat miokarditis setelah vaksinasi Pfizer atau Moderna lebih tinggi ketika waktu antara dosis pertama dan kedua kurang dari 30 hari.

Dosis kedua Moderna tampaknya terkait dengan risiko miokarditis yang lebih tinggi daripada Pfizer, menurut data yang disajikan kepada komite ahli vaksin CDC pada bulan Februari. Otoritas kesehatan masyarakat di Ontario, Kanada telah menemukan bahwa tingkat miokarditis adalah 5 kali lebih tinggi untuk laki-laki usia 18-24 setelah dosis kedua Moderna dibandingkan dengan Pfizer.

Namun, sebagian besar orang yang mengembangkan miokarditis setelah vaksinasi pulih sepenuhnya dan kebanyakan dari mereka tidak melaporkan efek apa pun pada kualitas hidup mereka, menurut survei CDC dari penyedia layanan kesehatan yang dipresentasikan pada pertemuan Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro