Virus corona varian Lambda
Health

Hadapi Risiko Pandemi Lainnya, Berikut Hal yang Harus Dilakukan

Intan Riskina Ichsan
Senin, 4 April 2022 - 14:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sudah dua tahun sejak Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global.

Menurut para ahli, virus itu akan tetap ada untuk sementara waktu. Satu hal yang dapat disepakati oleh para peneliti adalah bahwa virus akan terus bermutasi dan menciptakan lebih banyak varian.

Dilansir dari Eat This, Not That kabar baiknya adalah orang dapat bersiap menggunakan alat yang tersedia saat ini, mulai dari masker hingga tes cepat di rumah.

Beberapa pakar Covid memberikan pendapat mereka tentang pandemi dan apa yang bisa terjadi selanjutnya :

1. BA.2 sangat menular

Strain omicron baru (BA.2) sekitar 50 persen lebih mudah menular daripada strain omicron pertama tetapi tampaknya tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah atau menghindari respons imun dari vaksinasi. Kecil kemungkinannya untuk melihat lonjakan dari Varian BA.2.

2. Menyiapkan untuk yang terburuk

Para pakar benar-benar dalam keadaan menunggu dan berjaga-jaga saat keadaan menjadi buruk. Terus memantau aktivitas Covid di wilayah dan rumah sakit, sambil bersiap menghadapi potensi lonjakan dan terus mendorong vaksinasi terkini dan ikuti rekomendasi CDC.

3. Harapkan lebih banyak perubahan evolusi dengan Covid

Ketika pembatasan kesehatan masyarakat berkurang di banyak tempat, bersama dengan sub-garis keturunan Omicron yang lebih menular muncul dalam jumlah yang lebih tinggi (BA.2), gelombang lain Covid-19 kemungkinan akan terjadi dalam beberapa minggu mendatang. Virus yang membunuh lebih sedikit host dan menyebar lebih mudah memiliki keunggulan kompetitif dari perspektif evolusi.

SARS-CoV-2, seperti virus RNA lainnya, telah menunjukkan kemampuan untuk bermutasi dan bergabung kembali. Dalam beberapa bulan mendatang, orang akan mengharapkan evolusi lebih lanjut dan perubahan pada SARS-CoV-2. Dari epidemi masa lalu, evolusi patogen cenderung ke arah rata-rata, atau kurang virulensinya.

4. Batasan proporsi kasus yang parah

Jika kita melihat peningkatan yang signifikan dalam kasus, tidak mungkin kita akan melihat peningkatan besar dalam rawat inap atau kematian. Jumlah orang yang memiliki kekebalan dari kasus baru-baru ini, ditambah jumlah dengan kekebalan yang dimediasi vaksin, bersama dengan ketersediaan antivirus dan antibodi monoklonal yang lebih baik akan membatasi proporsi kasus yang parah

5. Covid ada dalam kurun waktu lama

Langkah-langkah sederhana seperti tidur, olahraga, diet yang baik dan multivitamin, dan hidrasi dapat membuat Anda jauh lebih aman. Meskipun virus, seperti flu biasa, kemungkinan akan bersama kita untuk waktu yang lama. Kemungkinan juga menjadi kurang menjadi perhatian setelah kita mengalami infeksi awal. Infeksi pertama adalah yang paling berisiko untuk sebagian besar jenis virus ini.

6. Harus tetap aman di luar sana

Ikuti dasar-dasar kesehatan masyarakat dan bantu akhiri pandemi ini, di mana pun Anda tinggal. Dapatkan vaksinasi atau dorong secepatnya; jika Anda tinggal di daerah dengan tingkat vaksinasi rendah, kenakan masker wajah N95, jangan bepergian, jarak sosial, hindari kerumunan besar, jangan pergi ke dalam rumah dengan orang yang tidak Anda tempati, dan jaga kebersihan tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro