Pedagang menata kurma dagangannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

6 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Kaya Kandungan Zat Gizi!

Alifian Asmaaysi
Rabu, 6 April 2022 - 11:40
Bagikan

Manfaat Kurma yang Tidak Anda Ketahui

Berikut lanjutan kandungan gizi yang terdapat pada kurma dan manfaatnya bagi tubuh seperti dilansir dari Health Line, Rabu (6/4/2022)

6 Manfaat Kurma dan Kandungan Zat Gizi di Dalamnya 

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sebuah studi telah menemukan fakta bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa kurma bermanfaat untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.

Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.

5. Pemanis Alami 

Kurma adalah sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Karena hal itulah, kurma memiliki cita rasa yang sangat manis dan juga memiliki rasa seperti karamel yang halus. 

Kurma bisa menjadi pengganti gula putih yang paling baik. Selain itu, serat dan antioksidan yang terkandung dalam kurma juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

6. Manfaat Lainnya 

Kurma juga diklaim memiliki beberapa manfaat kesehatan lain yang belum dipelajari secara ekstensif, seperti:

Kesehatan tulang: Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua ini telah dipelajari potensinya dan berguna untuk mencegah kondisi yang berhubungan dengan tulang seperti osteoporosis.

Kontrol gula darah: Kurma berpotensi membantu pengaturan gula darah karena indeks glikemik, serat, dan antioksidannya yang rendah. Dengan demikian, memakannya dapat bermanfaat bagi manajemen diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro