Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Makanan Ampuh Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Ahli gizi Sharon Palmer merekomendasikan tiga makanan terbaik ini untuk mengurangi risiko penyakit jantung berikut ini
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 07 April 2022  |  10:20 WIB
Kacang-kacangan yang tinggi kandungan kalsium - Freepik
Kacang-kacangan yang tinggi kandungan kalsium - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA -  Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat untuk pria dan wanita.

Kabar baiknya adalah Anda dapat mengelola dua faktor risiko ini - tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi - dengan melakukan beberapa penyesuaian sederhana pada diet harian Anda, tanpa kehilangan rasa.

Salah satu faktor risiko penyakit jantung adalah mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol.

Daging merah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular total, tetapi mengganti sumber protein sehat lainnya telah terbukti menurunkan risiko kematian. Secara umum, daging merah (sapi, domba, babi, daging olahan) memiliki lebih banyak lemak jenuh daripada pilihan protein lainnya.

Untungnya, orang dapat mendiversifikasi diet mereka untuk kesehatan jantung dengan berbagai macam makanan nabati, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sharon Palmer, ahli diet terdaftar dan penulis empat buku nabati,  merekomendasikan makan berbagai macam makanan nabati, untuk cegah risiko serangan jantung.

"Sangat mudah untuk mendapatkan cukup protein dengan pola makan nabati. Makan makanan nabati akan membawa Anda ke sana dan melindungi jantung Anda di sepanjang jalan, karena protein nabati, seperti kacang-kacangan, lentil, makanan kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian sangat mudah didapat. kaya serat, lemak sehat, vitamin, mineral, dan fitokimia yang terkait dengan perlindungan penyakit," catat Palmer dilansir dari Eat This.

"Anda dapat menggunakan strategi sederhana seperti menjalani pola makan Senin Tanpa Daging untuk mulai membuat perubahan kecil dalam kebiasaan diet Anda untuk memasukkan sumber protein yang lebih sehat untuk membantu mengelola risiko penyakit jantung," tambahnya.

Palmer merekomendasikan tiga makanan terbaik ini untuk mengurangi risiko penyakit jantung berikut ini:

1. Kacang-kacangan, seperti kacang kering, lentil, dan kacang polong adalah sumber protein yang baik, ditambah serat raja dan ratu, yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah Anda, dan membantu meningkatkan mikrobioma usus Anda untuk kesehatan jantung, peradangan yang lebih rendah, dan kesehatan kekebalan tubuh. 

2.  Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti pistachio, walnut, almond, biji rami, biji chia, dan kacang tanah (sebenarnya kacang-kacangan) menyediakan sumber protein, lemak sehat, dan serat yang baik yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Makan segenggam kacang dan biji-bijian sehari untuk camilan sehat jantung.

3. Makanan kedelai, seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan kedelai, adalah sumber protein berkualitas tinggi yang baik, yang terkait dengan kesehatan jantung. Kaya akan protein, serat, dan fitokimia, makan lebih banyak makanan kedelai adalah cara yang bagus untuk menggantikan makanan hewani di piring Anda.

Selain mengurangi risiko penyakit jantung dengan makanan sehat ini, Palmer membagikan tips tambahan ini.

1. Gunakan lemak sehat seperti canola dan minyak zaitun untuk memasak.

2. Hilangkan gula tinggi, junk food berkalori tinggi seperti keripik kentang, kue kering, permen.

3. Batasi minuman beralkohol – tidak lebih dari satu gelas per hari untuk wanita dan tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria.

4. Hindari minuman manis seperti jus, soda, dan minuman energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung serangan jantung kacang tanah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top