Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Karbohidrat Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol

Lauren Manaker, Toby Amidor, ahli gizi menjelaskan jenis karbohidrat terbaik untuk menurunkan kolesterol berikut ini
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 April 2022  |  13:36 WIB
4 Karbohidrat Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol
Buah Apel. - Bisnis.com/Janlika
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut Mayo Clinic, Anda dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah Anda, yang akhirnya tumbuh, sehingga menyulitkan darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri Anda yang disebut kolesterol.

Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Meski bisa diturunkan, kolesterol tinggi biasanya terjadi karena kebiasaan makan Anda. Untungnya hal ini dapat dicegah dengan diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang suplemen. Diet yang stabil juga mencakup karbohidrat, jadi jangan takut untuk menikmatinya sambil fokus pada kesehatan Anda!

Lauren Manaker, Toby Amidor, ahli gizi menjelaskan jenis karbohidrat terbaik untuk menurunkan kolesterol berikut ini: 

1. Gandum

Oat adalah pilihan klasik, dan ada banyak cara untuk memainkannya agar Anda dapat menikmatinya. Anda dapat mengubahnya menjadi oat, oatmeal, atau seperti yang disarankan Shapiro, memanggangnya menjadi kue kismis oatmeal yang sehat, atau bahkan mencampur oat ke dalam smoothie Anda. Dengan semua manfaat oat, tidak mengherankan jika oat dapat membantu menurunkan kolesterol.

Gandum mengandung serat yang disebut beta-glukan, yang mengikat kolesterol LDL dalam tubuh, membantu menghilangkannya sebelum diserap.

2. Buah ara

Buah ara tidak hanya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang Anda, tetapi buah ara segar dan kering juga kaya akan vitamin dan mineral serta mengandung serat.

"Tiga sampai lima buah ara kering (40 gram) menyediakan 100 kalori dan 4 gram serat, termasuk serat larut bersama dengan kalsium, kalium, dan magnesium," kata Amidor.

Penelitian di American Journal of Clinical Nutrition telah mengaitkan serat larut dengan membantu menurunkan kolesterol total dan LDL.

3. Kacang polong

"Buah ajaib", begitu sebagian orang menyebutnya, kacang diketahui memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia, seperti meningkatkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kacang menyediakan karbohidrat bersama dengan protein dan serat nabati.

Journal of Nutrition menyatakan bahwa makan satu cangkir kacang kalengan setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan kolesterol total dan LDL pada orang dewasa dengan peningkatan kolesterol LDL.

4. Apel

Anda pernah mendengar ungkapan, "sebuah apel sehari menjauhkan Anda dari dokter," dan itu karena buah ini memiliki begitu banyak manfaat. Apel kaya akan antioksidan dan serat, dan memberikan manfaat besar seperti meningkatkan bakteri usus dan kesehatan gigi, dan bahkan memberi Anda napas yang lebih baik!

Pektin yang ditemukan dalam kulit apel membantu mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan kolesterol karbohidrat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top