Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

9 Pengobatan Untuk Meredakan Gejala Kecemasan

Tidak jarang seseorang terlalu banyak berpikir selama waktu luang, bisa menimbulkan kecemasan di dalam pikirannya.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 11 April 2022  |  20:57 WIB
Ilustrasi - Lennoncenter
Ilustrasi - Lennoncenter

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan mental kita menghadapi banyak tantangan, di antaranya, kecemasan adalah salah satu yang paling melemahkan. Rasa kecemasan telah menjangkiti jutaan orang sejak dahulu kala dan menjadi masalah yang jauh lebih buruk di masa yang tidak pasti seperti saat ini. 

Kecemasan adalah emosi yang sering ditentang oleh perasaan tegang, pikiran khawatir, dan perubahan fisik seperti peningkatan tekanan darah. Orang dengan kecemasan biasanya memiliki pikiran atau kekhawatiran berulang yang tidak terkendali.

Dalam keadaan ini, orang selalu disibukkan dengan pemikiran “bagaimana jika.” Misalnya, “Bagaimana jika sesuatu yang buruk terjadi pada orang yang dicintai?” “Bagaimana jika saya gagal?” “Bagaimana jika saya kehilangan pekerjaan?” “Bagaimana jika saya tidak akan pernah menikah?” “Bagaimana jika saya tidak pernah bisa hamil?” “Bagaimana jika orang menilai saya?”

Melansir dari Pink Villa pada Senin (11/4/2022), seorang psikolog dan pelatih kesehatan holistik Bersertifikat Samar Hafeez memberikan tips mengatasi kecemasan saat sedang di rumah di masa pandemi.

Tips di rumah untuk meredakan gejala kecemasan

1. Meditasi pemindaian tubuh selama 4 menit 

Duduk dengan nyaman dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung, lalu keluarkan melalui mulut. Saat Anda mengeluarkan napas, perlahan tutup mata Anda. Kemudian, pindai diri Anda secara mental dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan memperhatikan adanya rasa sakit, nyeri, kaku, atau otot berkedut. 

Teknik ini membantu mengenali waktu dan tempat Anda merasakan efek fisik dari kecemasan dan membantu mengatasinya. Sebuah studi menarik menemukan bahwa berlatih meditasi pemindaian tubuh secara teratur menurunkan keberadaan hormon stres (kortisol) dalam tubuh.

2. Makan dengan penuh perhatian

Tidak jarang seseorang terlalu banyak berpikir selama waktu luang. Multi-tasking membuat Anda kurang perhatian dan lebih cemas. Mindfulness adalah teknik yang membantu Anda menikmati waktu tanpa terlalu asertif pada diri sendiri dan orang lain. 

Makan dengan penuh kesadaran adalah salah satu cara terbaik untuk memulai. Dengan demikian, Anda sepenuhnya memperhatikan apa yang dikonsumsi, seperti tekstur, rasa, warna, aroma, dan sebagainya. Ini dapat memfasilitasi kesadaran diri, mengurangi kecemasan, dan juga memperbarui pengalaman dengan kenikmatan makan. 

Berjalan dengan penuh kesadaran adalah praktik untuk menyadari lingkungan dan bagaimana tubuh, serta pikiran Anda merasakannya (sensasi). Sangat menarik untuk mengetahui bahwa meditasi tidak selalu tentang diam atau duduk dalam posisi tertentu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips sehat cemas kesehatan mental
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top