Cemas/hipnoterapi.com
Health

9 Pengobatan Untuk Meredakan Gejala Kecemasan

Nabila Dina Ayufajari
Senin, 11 April 2022 - 20:58
Bagikan

Alunan Musik Lembut dan Berimajinasi

3. Menggunakan imajinasi untuk bersantai

Menggunakan imajinasi adalah cara yang baik untuk membantu Anda rileks. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan latihan visualisasi, ketika Anda membayangkan citra yang menyenangkan dan menenangkan sehingga langsung memberikan kelegaan. 

Anda bisa membayangkan citra pantai, bukit, taman, atau apa pun yang dapat menenangkan. Citra terpandu berfungsi untuk mengalihkan perhatian orang dari hal yang membuat mereka stres dan menuju fokus alternatif. Latihan ini sangat mudah karena tidak bergantung pada apa pun kecuali imajinasi seseorang.

4. Pergeseran dari perspektif pasif ke aktif

Coba bicara pada diri sendiri dengan cara yang positif dan meyakinkan. Ketahui bahwa bencana “bagaimana-jika” tidak memvalidasi atau menjamin malapetaka. Mengkhawatirkan hal-hal yang nyata atau dibayangkan akan memperparah gejala kecemasan.

5. Kurangi atau hentikan penggunaan nikotin 

Nikotin dalam tembakau rokok atau kafein dalam kopi, teh, dan minuman ringan dapat memperburuk gejala kecemasan.

6. Tidur nyenyak

Diketahui bahwa kurang tidur bisa berdampak negatif pada suasana hati dan kesehatan emosional. Jadi, coba tidur 7 jam tanpa gangguan setiap hari.

7. Hubungan usus-otak 

Anda pasti telah memperhatikan proses perut bereaksi ketika Anda merasa kesal, marah, atau cemas. Usus dan otak Anda sangat terkait erat. Ketika salah satu terkena dampak negatif, yang lain juga terpengaruh. 

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya probiotik (bakteri usus baik yang menjaga kekebalan tetap kuat) dapat membantu mengurangi gejala kecemasan. Makanan seperti yogurt Yunani, dadih, makanan fermentasi, dan buttermilk adalah sumber yang bagus. Namun, Anda juga akan membutuhkan probiotik, yang merupakan bentuk serat makanan dan bertindak sebagai pupuk bagi bakteri baik. Prebiotik dapat ditemukan dalam buncis, lentil, kacang polong, pisang, apel, delima, semangka, buah-buahan kering (seperti kurma, buah ara), oat, barley, bawang merah, bawang putih, atau biji rami.

8. Mainkan musik bernada lembut

Kapan pun Anda merasa sedang bersemangat, coba mainkan musik lembut atau suara alam yang dapat menenangkan.

9. Alam untuk penyembuhan

Menghabiskan waktu di alam dapat membantu meredakan gejala kecemasan. Alam memiliki efek menenangkan yang unik pada semua orang tanpa memandang usia. 

Berada di alam atau bahkan menyaksikan pemandangan alam dapat membawa kembali sensasi yang menyenangkan. Jadi, tingkatkan kesejahteraan Anda di alam. Anda juga bisa menghadirkan alam di dalam ruangan dengan menanam pohon dan lain sebagainya.

Mari coba pengobatan rumahan yang ada di atas untuk memperbaiki gejala kecemasan. Jika Anda masih tidak dapat mengelola gejala, maka segera cari bantuan ahli medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro