Kastengel/frisian flag
Kuliner

Resep Kue Kastengel, Salah Satu Favorit untuk Sajian Lebaran

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 April 2022 - 09:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa tidak suka kue kastengel? Kue kering ini menjadi salah satu menu favorit selama lebaran.

Di balik rasanya yang gurih dan renyah, siapa sangka ternyata kastengel memiliki cerita cerita panjang dalam perjalanannya hingga menjadi hidangan yang begitu populer di Indonesia. Kue kering yang berbahan dasar keju ini merupakan resep asli dari Belanda. 

Resep kastengel dikenalkan oleh nyonya Belanda sejak zaman dahulu. Kastengel sejak zaman dulu dihidangkan sebagai sajian istimewa. Bahan dasarnya keju membuat kue kering ini hanya dapat dinikmati oleh kalangan terbatas. Kastengel berasal dari Bahasa Belanda yang disebut dengan istilah kaastengels, artinya keju (kaas) dan batang (stengels). Sementara, pengertian kastengel secara etimologi yaitu kue keju batangan. 

Di Belanda, resep kue kastengel sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia. Di Negeri Kincir Angin, kastengel punya ukuran panjang kurang lebih 30 cm. Sementara di Indonesia, bentuk kastengel umumnya lebih kecil sekitar 4 cm.

Lantas, bagaimana cara membuat kue kastengel supaya lebih gurih dan nikmat dibanding kue sejenis lainnya? Simak beberapa rekomendasi resep kastengel berikut ini dikutip dari laman resmi Frisian Flag:

Bahan-bahan:

200 gr Mentega
30 gr Gula Halus
2 Butir Telur
250 gr Tepung Terigu
50 gr Maizena
30 gr susu bubuk Frisian Flag Full Cream
150 gr Keju Gouda
100 gr Keju Cheddar

Cara Membuat:

Masukkan mentega 200 gr ke dalam mangkok, gula halus 30 gr lalu aduk merata dengan mixer, masukkan kuning telur 2 butir dan aduk kembali
Masukkan tepung terigu 250 gr, maizena 50 gr, susu bubuk Frisian Flag Full Cream 30gr, keju gouda 150 gr, keju cheddar 100 gr lalu aduk merata.
Bentuk adonan persegi panjang, oleskan kuning telur di atasnya, taburkan keju gouda, masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 140 C selama 40-50 menit lalu siap dihidangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro