Ilustrasi kesehatan mental terganggu saat pandemi Covid-19/Freepik.com
Health

'Ruang Biru' dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental Anda, Apa Itu?

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 13 April 2022 - 13:57
Bagikan

'Bisnis.com, JAKARTA—Manfaat kesehatan dari air telah diketahui dan diterima secara luas, tetapi bagaimana dengan efek positif dari menonton air? Baik itu lingkungan pesisir, danau di pegunungan, sungai, atau kolam renang.

Ruang biru adalah rahasia kebahagiaan yang tersimpan dengan baik. Menurut The Sydney Morning Herald, ruang biru adalah lingkungan alami yang berbasis air (misalnya laut, samudra, dan danau).

Penelitian mulai menunjukkan setiap paparan ruang biru dapat berdampak positif pada tubuh. Pantai khususnya adalah ruang biru utama karena banyak orang mengasosiasikan pantai dengan relaksasi, pengisian ulang energi, dan kebahagiaan.

Selain itu, perjalanan ke pantai menawarkan perubahan pemandangan yang luar biasa, membantu menurunkan stres, meningkatkan suasana hati Anda, dan meningkatkan rasa sejahtera secara keseluruhan. Belum lagi, pantai sering cerah dan menurut Healthline, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari adalah cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin D, juga dikenal sebagai "vitamin sinar matahari".

Ruang biru tidak hanya terapeutik untuk kesehatan mental, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan fisik, karena polusi udara di sekitar perairan lebih sedikit.

Ruang Biru Sebagai Lingkungan Alami Terbaik

Ruang hijau dan biru memiliki elemen menenangkan yang luar biasa, tetapi penelitian menunjukkan lingkungan perairan sedikit menang di atas hutan dan taman. Sebuah studi 2013 oleh Global Environmental Change memeriksa kebahagiaan di lingkungan yang berbeda.

Penelitian ini memiliki 20.000 peserta yang menilai kebahagiaan mereka secara acak. Para peneliti menemukan bahwa tingkat kegembiraan yang lebih tinggi dilaporkan di dekat lingkungan pesisir dan laut daripada di perkotaan.

Penelitian Lingkungan melakukan penelitian lain yang secara khusus mempelajari efek kesejahteraan ruang biru. Para peneliti meminta peserta untuk beristirahat di lokasi kontrol atau berjalan selama 20 menit di daerah perkotaan atau ruang biru. Temuan menunjukkan bahwa setelah 3 minggu, mereka yang berjalan di ruang biru mengalami peningkatan mood dan kesejahteraan tertinggi.

Terakhir, zona biru memiliki kualitas meditatif, seperti deburan ombak. Anda dapat membenamkan diri di dalamnya, yang tidak dapat Anda lakukan dengan ruang hijau. Anda bisa melihat sesuatu yang menenangkan baik selama dua menit atau setengah jam, itu memberi Anda manfaat pada saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro