Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Puasa Sehat Ade Rai: Sahur Tepat Bisa Turunkan Berat Badan

Penyebabnya, keharusan menahan lapar dan haus selama Ramadan ini juga bisa kita manfaatkan untuk menjaga bahkan menurunkan berat badan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 15 April 2022  |  19:17 WIB
Tips Puasa Sehat Ade Rai: Sahur Tepat Bisa Turunkan Berat Badan
Ade Rai - Instagram @ade/rai

Bisnis.com, JAKARTA – Pakar kebugaran tubuh Ade Rai menilai kegiatan berpuasa saat Ramadan bukan hanya menjadi momen untuk beribadah, tetapi juga menerapkan pola hidup sehat.

Penyebabnya, keharusan menahan lapar dan haus selama Ramadan ini juga bisa kita manfaatkan untuk menjaga bahkan menurunkan berat badan.

Binaragawan senior tersebut mengatakan hal tersebut tidak mustahil untuk dilakukan asalkan seseorang menerapkan pola makan yang tepat khususnya di saat sahur.

"Kebanyakan dari kita masih makan karbohidrat ketika sahur tapi kalau mau sekalian menurunkan berat badan, protein, lemak dan serat saja," katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat (15/5/2022).

Dia melanjutkan, pelaku puasa dianjurkan hanya makan asupan karbohidrat, dalam jumlah secukupnya, ketika berbuka puasa. Alhasil, perilaku ini akan membuat tubuh kita bebas karbohidrat, yang efeknya menaikkan kadar insulin dalam tubuh selama setidaknya 22 jam.

"Jadi selama masa itu, tubuh akan pakai lemak di tubuh kita sebagai sumber tenaga," ujarnya.

Olahragawan kelahiran 6 Mei 1970 ini menambahkan, masyarakat sering salah persepsi dengan merasa karbohidrat sebagai sumber energi yang paling utama sehingga tidak berenergi tanpa asupan tersebut. 

"Badan akan secara sistematis mencari sumber energi lain, cadangan makanan di tubuh itu banyak, termasuk seperti lemak di perut kita," kata Ade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan buka puasa Ade Rai
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top