Jemaah haji menunaikan salat fardhu di Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi/Reuters-Amr Abdallah Dalsh
Travel

6 Tempat di Dunia yang Dilarang Dilintasi Pesawat

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 16 April 2022 - 22:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda, bahwa ada sekitar enam tempat di dunia  yang dilarang dilintasi pesawat meskipun hanya terbang di atasnya?

Ini bukan karena alasan keselamatan saja, namun juga karena alasan lainnya.

Berikut 6 lokasi di dunia yang dilarang dilintasi pesawat terbang seperti dilansir dari Times of India :

1. Taman Disney

Tempat ini bisa menjadi ajaib seperti yang Anda bayangkan, namun Anda tidak akan dapat melihat keluar dari jendela pesawat Anda dan menyaksikan keindahan kastil ajaib dari atas. Sesuai laporan, setelah 9/11, beberapa tempat wisata, termasuk Taman Disney, meningkatkan keamanannya untuk memastikan keselamatan para pengunjung.

Dilaporkan, tidak ada pesawat yang diizinkan terbang dalam jarak 3000 kaki dari Disneyland di California atau Walt Disney World di Florida. Meskipun awalnya merupakan larangan sementara, aturan tersebut menjadi permanen pada tahun 2003.

2. Tibet

Tibet dianggap sebagai salah satu daerah yang paling tinggi di dunia, dengan ketinggian rata-rata di wilayah tersebut mencapai sekitar 16.000 kaki. Dengan demikian, itu juga salah satu wilayah di dunia yang hadir dengan zona larangan terbang alami, karena berbagai faktor seperti pegunungan tinggi yang terletak di dalam perbatasannya. Meskipun sebagian besar pesawat komersial mampu terbang di ketinggian di atas pegunungan, rute penerbangan biasanya menghindari pegunungan tinggi di area tersebut demi keselamatan penumpang.

3. Machu Picchu

Signifikansi sejarah dan budaya tempat ini tidak dapat diabaikan, serta jumlah satwa liar langka dan kehidupan tanaman yang hanya tumbuh di sini. Sesuai laporan, pesawat saat ini dilarang terbang di atas wilayah tersebut, yang merupakan langkah yang diambil untuk menjaga area ini bersih dari polusi sebanyak mungkin. Juga, jika studi dilakukan, jika sebuah pesawat memerlukan pendaratan darurat atau kecelakaan di sini, itu akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada ekosistemnya.

4. Mekah

Ini adalah situs keagamaan dan sejarah yang sangat signifikan, dan tidak ada pesawat penumpang yang diizinkan terbang di atas Mekah, terutama Ka'bah Suci. Terkenal sebagai tujuan akhir ziarah haji dan pusat agama Islam, jika terjadi penumpang atau pilot terbang di atas tempat ini, mereka dapat menghadapi sanksi dan denda juga.

5. Taj Mahal

Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu arsitektur paling ikonik dan terindah di dunia. Dibangun dari tahun 1632 hingga 1653, UNESCO mengakui pentingnya bangunan tersebut dan menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1983. Jika ada laporan, Pemerintah India menetapkan zona larangan terbang di wilayah tersebut pada tahun 2006 terutama untuk melindungi bangunan tersebut. dan jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

6. Istana Buckingham

Ini adalah salah satu area terpenting di Inggris Raya, dan berfungsi sebagai kediaman raja ketika mereka berada di London. Itu juga berfungsi sebagai markas administrasi mereka, dan karena pentingnya istana ini, zona larangan terbang dilembagakan untuk memastikan keamanan raja. Selain itu, pesawat juga tidak diizinkan terbang di atas Kastil Windsor untuk memastikan keselamatan keluarga kerajaan.

Beberapa tempat penting lainnya yang memiliki zona larangan terbang di Inggris adalah Downing Street Nomor 10, Gedung Parlemen, dan juga kediaman resmi Perdana Menteri Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro