Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Durasi Positif Setelah Terpapar Covid, Mulai Dari Gejala dan Masa Inkubasi

Varian Omicron dapat dideteksi lebih cepat daripada jenis lainnya, dikutip dari i News UK. Orang-orang membawa lebih banyak virus di saluran udara bagian atas mereka dan itu bereplikasi cukup cepat sehingga jika mereka terkena sejumlah kecil virus, dapat mengambil hasilnya dengan sangat cepat.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 18 April 2022  |  19:30 WIB
Durasi Positif Setelah Terpapar Covid, Mulai Dari Gejala dan Masa Inkubasi
Ilustrasi perempuan mengalami gejala asam lambung - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA —  Peningkatan kasus berarti banyak orang tertular virus corona untuk pertama kalinya, inilah cara kerja inkubasi Covid-19 dan apa yang harus dilakukan jika Anda dites positif.

Menurut panduan dari klinik Norton Healthcare yang berbasis di Amerika Serikat, bukti menunjukkan bahwa pengujian untuk Covid-19 kurang akurat dalam waktu tiga hari setelah terpapar. Ini menyarankan bahwa hasil yang lebih akurat akan datang setelah lima sampai tujuh hari.

Varian Omicron dapat dideteksi lebih cepat daripada jenis lainnya, dikutip dari i News UK. Orang-orang membawa lebih banyak virus di saluran udara bagian atas mereka dan itu bereplikasi cukup cepat sehingga jika mereka terkena sejumlah kecil virus, dapat mengambil hasilnya dengan sangat cepat.

Jika Anda telah melakukan kontak dengan kasus positif, maka tentu masuk akal bahwa dalam 24 jam pertama untuk menguji Covid-19 dan terus melakukannya selama beberapa hari. Disarankan untuk Anda mencoba tinggal di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain jika Anda menunjukkan gejala Covid-19.

Gejala Covid Mulai Terlihat

Untuk varian Covid-19 sebelumnya, seperti Alpha dan Delta, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan gejala dapat mulai berkembang di mana saja antara dua hari dan dua minggu setelah infeksi.

Namun, masa inkubasi yaitu waktu antara infeksi dan gejala muncul untuk Omicron dan cabangnya diyakini jauh lebih pendek: antara tiga dan lima hari. Orang dianggap paling menular di awal perjalanan penyakit mereka.

Dengan Omicron, sebagian besar penularan tampaknya terjadi selama satu hingga dua hari sebelum timbulnya gejala, dan dalam dua hingga tiga hari sesudahnya. Orang tanpa gejala juga dapat menyebarkan virus corona ke orang lain.

Analisis terbaru dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) menunjukkan bahwa jendela antara infeksi dan penularan mungkin lebih pendek untuk varian Omicron daripada varian Delta.

Data menunjukkan bahwa sebagian besar orang tidak lagi menularkan tujuh hari setelah mulai mengalami gejala atau tes pertama positif, terutama ketika divaksinasi, dan sebagian besar tidak lagi menular setelah 10 hari.

Gejala Covid

1.  Suhu tinggi atau menggigil

Suhu tinggi berarti Anda merasa panas untuk menyentuh dada atau punggung Anda. Anda tidak perlu mengukur suhu Anda saking panasnya.

2. Batuk baru yang terus menerus

Ini berarti banyak batuk selama lebih dari satu jam, atau tiga atau lebih episode batuk dalam 24 jam

3.  Kehilangan atau perubahan pada indra penciuman atau perasa Anda

4.   Sesak napas

5.  Merasa lelah

6.  Badan sakit

7.  Sakit kepala

8.  Sakit tenggorokan

9.  Hidung tersumbat atau berair

10. Kehilangan selera makan

11.  Diare

12.  Merasa sakit

Langkah yang Dilakukan Jika Dinyatakan Positif Covid

Jika Anda dites positif atau mengalami gejala, coba untuk mengambil langkah-langkah berikut:

1.  Cobalah bekerja dari rumah jika Anda bisa

Jika Anda tidak dapat bekerja dari rumah, tanyakan kepada atasan Anda tentang opsi yang tersedia untuk Anda

2. Tetap di rumah jika Anda bisa

Ini membantu mengurangi jumlah orang yang Anda hubungi

3. Hindari kontak dengan orang yang berisiko lebih tinggi dari Covid-19

Terutama jika sistem kekebalan mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit serius dari Covid-19, bahkan jika mereka sudah mendapatkan vaksin

4. Ikuti saran tentang cara menghindari penyebaran virus ke orang yang tinggal bersama Anda

5. Beri tahu orang-orang yang perlu datang ke rumah Anda bahwa Anda telah dites positif atau memiliki gejala

Mereka kemudian dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri mereka sendiri, seperti mengenakan penutup wajah yang pas, menjauhi Anda sebisa mungkin, dan rajin cuci tangan

6. Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda

Beri tahu mereka tentang hasil atau gejala tes positif Anda jika Anda diminta untuk menghadiri janji temu medis atau gigi secara langsung

7. Minta bantuan orang terdekat

Minta teman, keluarga atau tetangga untuk mendapatkan makanan atau kebutuhan lainnya untuk Anda

Jika seorang anak atau orang berusia 18 tahun atau di bawah tes positif mereka harus mencoba untuk tinggal di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain selama tiga hari. Ini dimulai dari hari setelah mereka melakukan tes.

Sebelumnya, orang disarankan untuk meninggalkan isolasi setelah lima hari penuh jika mereka dinyatakan negatif dua hari berturut-turut, atau setelah 10 hari jika mereka terus dites positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top