Waran merah di dalam rumah, biisa meningkatkan semangat dan energi positif saat sedang rendah diri. - Times of India
Fashion

Rak dan Beberapa Furnitur yang Harus Anda Persiapkan sebelum Menata dan Dekorasi Rumah Baru

Media Digital
Senin, 18 April 2022 - 17:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pindah ke rumah yang baru berarti anda akan memulai kehidupan baru dan mulai beradaptasi dengan lingkungan baru. Pindah rumah tentu sangat menyenangkan dan membuat anda bersemangat untuk menata ulang dan dekorasi rumah menjadi lebih baik sesuai dengan keinginan anda. Namun, sebelum anda berpikir untuk menata ulang rumah baru anda, ada beberapa furnitur utama yang harus anda persiapkan untuk menjadikan rumah baru anda lebih nyaman. Berikut ini adalah beberapa furnitur yang harus anda persiapkan untuk rumah baru anda.

Rak Dinding

Apabila anda memiliki terlalu banyak barang-barang sehingga anda khawatir bagaimana untuk mengorganisirnya agar terlihat tetap rapi, anda dapat menggunakan rak dinding. Sebelum memilih jenis rak dinding yang sesuai dengan rumah anda, kenali dengan baik jenis interior ruangan rumah Anda. Misalkan rumah Anda bergaya artdeco atau popart, maka rak dinding dengan warna yang bercorak terlihat lebih cocok untuk digunakan. Namun jika rumah Anda bergaya etnik, maka rak dinding dari kayu-lah yang lebih pas.

Dan sebaiknya, pilih rak yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. fokus pada desain memang diperlukan, tapi Anda juga harus mempertimbangkan faktor fungsi; akan dipakai untuk menyimpan benda apakah rak tersebut. Apabila hanya dipakai untuk menyimpan perkakas pertukangan, pilihlah yang desainnya sederhana dan tidak berlebihan. Sebaliknya, rak dinding dengan desain dan corak unik akan cocok dipakai untuk menyimpan benda-benda koleksi di kamar tidur atau ruang lain yang memungkinkan.

 Faktor lain yang wajib Anda perhatikan adalah pemilihan bahan atau material rak. Ada banyak bahan yang bisa Anda pilih, mulai dari kayu, besi atau aluminium, plastik, kaca, bahkan sampai rak dari pipa air. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis benda yang akan disimpan di rak tersebut.

Kursi Makan dan Dining Table

Sebelum memilih kursi makan dan dining table, sesuaikan ukuran dining table dan kursi makan dengan ruang makan yang ada di rumah baru anda, jangan sampai dining table dan kursi makan yang anda pilih ternyata terlalu besar dan tidak sesuai dengan ruang makan baru anda. Pemilihan bentuk dining table dan kursi makan juga sebaiknya disesuaikan dengan ruang makan yang Anda miliki.

Meja makan persegi atau kotak lebih cocok untuk digunakan pada ruang makan kecil. Kesamaan sisi mejanya menghadirkan akrab dan hangat. Apabila Anda memiliki ruangan yang lebih besar dan panjang, dapat menggunakan dining table dan kursi makan dengan bentuk persegi panjang. Selain untuk menyeimbangkan ruang makan dengan interior dining table dan kursi makan, meja bentuk persegi panjang bisa memuat lebih banyak pengguna. Meja segi empat cenderung lebih fungsional dan dapat digunakan di segala ruangan. Bila anda memiliki ruang makan yang lebih besar, jangan ragu menggunakan meja makan dengan bentuk bulat atau elips. Bentuk meja ini lebih tepat digunakan pada ruang makan luas karena bentuknya yang memusat, menghadirkan kesan akrab. Upayakan untuk memilih dining table dan kursi makan yang memiliki warna senada dan sesuai dengan warna dinding anda agar lebih sedap dipandang mata.

Lemari Loker

Loker adalah sejenis lemari yang memiliki banyak sekat yang biasa digunakan untuk meletakkan barang-barang atau keperluan agar tidak menjadi berantakan. Sebelum anda memilih loker untuk di rumah, pastikan terlebih dahulu fungsi loker di rumah anda. Fungsi loker memang cukup beragam, ada yang hanya sebagai tempat penyimpanan dan ada juga sebagai tempat perlindungan terhadap benda-benda di dalamnya.

Namun apapun fungsi dari lemari tersebut kerja dari fungsinya bergantung pada kualitas yang dimiliki lemari itu. Lemari besi yang berkualitas adalah yang dapat menjamin keamanan benda yang disimpan, tahan lama, dan tidak menimbulkan pemikiran ekstra dalam perawatannya. Kemudian pastikan ukuran loker sesuai dengan ukuran ruangan.

Kursi

Kursi menjadi furnitur yang sangat penting sebagai tempat duduk bagi siapapun yang ada di rumah. Pastikan anda memiliki jumlah kursi yang sesuai dengan jumlah orang yang tinggal di rumah. Gunakanlah kursi yang memiliki warna yang sesuai dengan tema rumah anda, dan usahakanlah warna kursi-kursi yang anda miliki di rumah senada, agar lebih sedap dipandang mata. Apabila anda memiliki bayi atau anak kecil di rumah, persiapkanlah kursi dengan ukuran yang lebih kecil dan sesuai dengan ukuran anak agar anak tidak mudah terjatuh dari kursi.

Lampu Indoor

Lampu indoor adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menjadi sumber penerangan ruangan sekaligus menghiasi ruangan sehingga terlihat lebih indah. Pemilihan lampu indoor juga menjadi hal yang cukup penting. Ada berbagai jenis lampu indoor seperti, lampu gantung, lampu meja, lampu dinding, dan jenis lampu indoor lainnya. Untuk menghiasi dan menerangi ruang tamu, sebaiknya anda menggunakan lampu gantung karena lampu gantung tentu memiliki impresi yang berbeda dari lampu biasa. Desainnya tentu lebih berkelas dan mewah.

Di manapun lampu gantung ini diletakkan, akan membuat ruangan terasa berbeda. Namun jangan salah memilih lampu gantung yang sesuai dengan desain rumah anda. Untuk menentukan sesuai atau tidaknya, tentukan dulu kesan apa yang diinginkan dari lampu gantung tersebut. Kemudian tentukan warna apa yang sesuai untuk warna dominan dalam ruangan. Untuk rumah bergaya klasik modern, pilih lampu gantung dengan banyak ornamen dan detail. Sementara itu, apabila rumah anda rumah minimalis, gunakanlah lampu gantung modern dan sederhana. Untuk daerah meja sebelah sofa atau bagian kamar, anda dapat menggunakan lampu meja untuk menghiasi dan menyinari, sedangkan daerah teras rumah anda bisa menggunakan lampu dinding. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan apakah bentuk lampu sesuai dengan tema dan warna dominan rumah.

Rak TV dan Lemari Ruang Tamu

Untuk mengisi dan menghiasi ruang tamu dan ruang keluarga , mungkin anda akan memerlukan Rak TV dan Lemari Ruang Tamu. Memilih rak TV dan lemari ruang tamu memang terkesan sepele tapi ternyata memilihrakt tv dan lemari ruang tamu yang tepat juga dapat mempengaruhi keseluruhan desain dalam ruangan tersebut. Salah pilih saja dapat membuat keseluruhan desain ruangan menjadi terlihat kacau. Sebelum anda memilih rak tv, pastikan ukuran rak tv sesuai dengan ukuran tv yang anda miliki.

Jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil. Kemudian, pikirkan juga ukuran rak apakah sesuai dengan ukuran ruang tv anda. kemudian pastikan bahwa rak TV yang Anda pilih tidak akan menyusahkan saat sistem pemasangan kabel mau diurus (oleh ahlinya, tentu saja) dan sinyal tidak menyusahkan gara-gara lokasi pilihan untuk meletakkan TV. Karena itulah, pastikan bahwa TV diletakkan dekat jendela agar lebih mudah mengurus sistem pemasangan kabel. Selain itu, apakah rak TV yang Anda pilih termasuk yang built-in (menempel langsung di dinding) atau yang bisa dibongkar-pasang bila diperlukan? Setiap jenis rak tersebut memiliki tantangannya sendiri-sendiri, terutama saat mengatur kabel TV dan saat rak tersebut harus dibersihkan.

Ruparupa menyediakan berbagai koleksi lemari baju, rak, serta unit penyimpanan lainnya yang dapat disesuaikan dengan ukuran kamar Anda. Baik itu besar maupun kecil, kami mempunyai beragam pilihan yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, kami hadir dengan konsep 100% kepuasan pelanggan yang mengedepankan layanan prima untuk setiap transaksi yang Anda lakukan di Ruparupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami