Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Kandungan Makanan yang Bisa Picu Masalah Kesehatan Wanita

Berikut adalah lima bahan makanan yang mungkin tidak Anda ketahui bersembunyi di beberapa makanan umum dan yang telah dikaitkan dengan masalah kesehatan bagi wanita :
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 21 April 2022  |  14:16 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Penting untuk menyadari bahwa tidak ada makanan "baik" atau makanan "buruk" yang pasti, namun, ada beberapa bahan makanan yang telah terbukti menyebabkan masalah kesehatan.

Dan karena susunan biologis wanita yang unik dan kompleks, beberapa bahan makanan harus menjadi perhatian yang lebih besar bagi wanita daripada pria.

Seringkali berfokus pada makanan yang harus Anda makan DAN apa yang tidak boleh Anda makan dianggap sebagai pendekatan yang lebih positif terhadap kesehatan.

"Untuk memasukkan lebih banyak makanan bergizi ke dalam pola sehari-hari, ubah cara Anda menyiapkan makanan yang Anda nikmati untuk memastikan makanan tersebut sedekat mungkin dengan keadaan yang diinginkan," kata ahli gizi Jaclyn London dilansir dari Eat This.

Anda juga dapat memperhatikan daftar 50 makanan yang harus Anda makan untuk merawat tubuh Anda dengan sebaik-baiknya.

Berikut adalah lima bahan makanan yang mungkin tidak Anda ketahui bersembunyi di beberapa makanan umum dan yang telah dikaitkan dengan masalah kesehatan bagi wanita :

1. rBGH

Hormon Pertumbuhan Bovine biasa disebut sebagai rGBH digunakan secara bebas oleh peternak sapi perah untuk meningkatkan produksi susu selama beberapa dekade, dan dikaitkan dengan kanker payudara pada wanita.

Banyak produsen susu telah berhenti menggunakan bahan tersebut, tetapi tidak semua melakukannya. Untuk menghindarinya, Anda sebaiknya memeriksa label yogurt, keju, dan susu untuk label 'bebas rBGH'. Perhatikan bahwa produsen tidak diharuskan mencantumkan rBGH pada label produk mereka, tetapi banyak merek memilih untuk mengidentifikasi bahwa mereka tidak menggunakan susu yang mengandung hormon berbahaya.

2. Gula Tambahan

"Ketika kita mengonsumsi gula tambahan melebihi apa yang kita butuhkan selama periode waktu tertentu, pankreas mengeluarkan hormon insulin, yang dapat menyebabkan sekelompok gejala," kata London. Gula yang ditambahkan dikenal sebagai salah satu penyumbang utama obesitas , dan merupakan penyumbang besar penyakit jantung , yang tentu saja merupakan pembunuh nomor satu wanita .

Sementara gula tambahan di semua makanan kita adalah masalah, London tidak menganggap makanan yang kita minum sebagai yang paling bermasalah. "Gula tambahan dalam bentuk minuman tidak memberikan manfaat nutrisi—artinya hanya memberikan kalori, tetapi tidak menimbulkan rasa kenyang. Gula juga merupakan sumber gula tambahan nomor satu dalam diet Amerika.

3. Minyak Nabati Brominasi (BVO)

BVO digunakan dalam minuman olahraga, soda, dan beberapa pencampur koktail (terutama dalam varietas rasa jeruk) untuk mencegah pemisahan rasa, tetapi bahan kimia ini terkait dengan sejumlah masalah kesehatan , seperti peningkatan risiko kanker, kehilangan memori, dan jerawat. Hal ini juga dikenal untuk menggantikan yodium, yang dapat menyebabkan kekurangan yodium, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kanker ovarium dan payudara pada wanita.

Studi juga menunjukkan bahwa BVO dapat menumpuk di jaringan dari waktu ke waktu , yang dapat menyebabkan masalah reproduksi bagi wanita. Untungnya, dalam beberapa tahun terakhir, Coca-Cola dan PepsiCo telah menghilangkan BVO dari minuman mereka, tetapi BVO masih dapat ditemukan di banyak minuman lain di rak bahan makanan.

4. Air raksa

Yang ini bukanlah bahan sebanyak kontaminan yang ditemukan dalam makanan, tetapi kita tahu bahwa merkuri dapat secara serius mengganggu perkembangan otak dan sistem saraf janin , sehingga sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui. Namun, karena kehamilan yang tidak direncanakan sering terjadi, FDA sebenarnya merekomendasikan agar semua wanita usia subur menghindari empat jenis ikan yang mengandung kadar merkuri tertinggi: ikan todak, king mackerel, hiu, dan tilefish.

5. Paraben

Yang satu ini mungkin kejutan. Tentu saja, Anda akan kesulitan untuk tidak mengetahui bahwa paraben adalah risiko kesehatan yang sangat besar bagi wanita, karena paraben diketahui mengubah fungsi hormon dan terkait dengan masalah kesuburan dan risiko kanker payudara. Tapi meski biasanya ditemukan dalam kosmetik, lebih sedikit dari kita yang menyadari paraben dalam makanan.

Sama seperti mereka digunakan sebagai pengawet untuk mencegah bakteri dan jamur dalam produk kecantikan dan perawatan pribadi kami, Anda akan menemukannya dalam produk makanan untuk alasan yang sama. Paraben dapat ditemukan dalam segala hal mulai dari kopi, jus, es krim, roti, pizza, daging makan siang, buah-buahan kaleng, bumbu, jeli, dan saus. Baca label tersebut dan cari metil-, etil-, propil , dan aditif yang memiliki huruf 'E' dan nomor pada namanya untuk menghindarinya.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan perempuan beracun
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top