Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelanggan Turun, Netflix Justru Mau Razia Aktivitas Sharing Password

Netflix mempertimbangkan untuk merazia besar-besaran aktivitas berbagi password yang tidak sesuai peruntukan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 April 2022  |  02:27 WIB
CEO Netflix Reed Hastings. - Forbes
CEO Netflix Reed Hastings. - Forbes

Bisnis.com, JAKARTA – Platform streaming terbesar Netflix mencatatkan penurunan pelanggan hingga 200.000 orang pada kuartal I/2022.

Dikutip melalui TechCrunch, Kamis (21/4/2022), kabar tidak menggembirakan tersebut turut ditanggapi negatif oleh para investor sehingga harga saham Netflix turun drastis sampai 35 persen yang menyebabkan perusahaan tersebut kehilangan kapitalisasi pasar hingga US$50 miliar atau lebih dari Rp 700 triliun pada perdagangan Rabu (20/4/2022) waktu setempat. 

Kabar buruk ini menurut Netflix terkait beberapa faktor, yaitu akibat makin ketatnya kompetisi serta sudah tidak diberlakukannya lagi berbagai pembatasan pandemi Covid-19 sehingga orang tidak lagi sering berada di rumah seperti sebelumnya.

Pertumbuhan pelanggan rumah tangga yang melambat juga memainkan faktor penting, apalagi ada fenomena sharing password ke teman atau keluarga yang tak serumah, sebuah praktik yang sebenarnya tidak diperbolehkan Netflix.

Netflix mengestimasi bahwa sekitar 100 juta rumah tangga saat ini berbagi password dengan keluarga lain atau sahabat. Alhasil, perusahaan mempertimbangkan untuk merazia besar-besaran aktivitas berbagi password yang tidak sesuai peruntukan dan akan memberikan harga langganan lebih rendah, tetapi dengan tayangan iklan.

Sekadar informasi, Netflix saat ini memiliki 222 juta pelanggan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pelanggan mereka sempat meledak saat pandemi Covid-19 melanda dan banyak orang butuh hiburan di rumah.

Kendati demikian, bukan hanya Netflix yang mengalami penurunan saham, tetapi sejumlah platform streaming juga mengalami penurunan pada kuartal I/2022. Mulai dari Disney yang menurun hingga 5,5 persen, Roku di 6 persen, Paramount juga merosot hingga 8,6 persen, hingga Warner Bros dengan penurunan di 6 persen.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

streaming bursa amerika Netflix
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top