Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kiat Cegah Kulit Dehidrasi di Saat Puasa

Agar dapat menjaga kesegaran kulit dan tidak mudah dehidrasi, penting bagi kita untuk memenuhi konsumsi cairan selama berpuasa, Ketika sahur dan berbuka. Selain air, dapat juga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan cairan yang dapat membantu memenuhi asupan cairan pada kulit.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 24 April 2022  |  18:21 WIB
Ilustrasi dehidrasi - Istimewa
Ilustrasi dehidrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Saat berpuasa, asupan cairan tubuh akan berkurang drastis dan itu akan berisiko terjadinya dehidrasi.

Dehidrasi bisa memengaruhi kulit Anda. 

dr. Rahma Evasari, Sp.DV selaku Dermatologist di ZAP Clinic memberikan kiat-kiatnya agar kulit tidak terdehidrasi ketika berpuasa.

Kulit yang mengalami dehidrasi yaitu kulit yang kehilangan kelembabannya. Hal tersebut dapat terjadi ketika kita berpuasa di mana kulit menampakkan tanda kering. Tanda-tanda kering ini dapat menjadi peringatan agar kita lebih aware dalam menjaga kesegaran dan kelembaban kulit kita. Namun begitu ada juga yang tidak menampakkan tanda atau gejala yang sama tapi sebenarnya kulit telah terdehidrasi.

Selain menampakkan tanda kering pada kulit yang terdehidrasi, kulit juga mengalami sensitivitas yang lebih tinggi. Hal tersebut terjadi karena kulit mengalami iritasi jadi mudah dimasuki berbagai bakteri dan kuman yang menembus lapisan luar kulit. Bila sudah demikian kulitpun akan mengalami pengelupasan dan terlihat kusam.

Kemampuan kulit dalam menjalankan fungsi-fungsi penting seperti regenerasi sel akan semakin lemah. Selain itu dehidrasi juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit seperti garis halus, kerak-kerak dan bahkan kerutan.

Agar dapat menjaga kesegaran kulit dan tidak mudah dehidrasi, penting bagi kita untuk memenuhi konsumsi cairan selama berpuasa, Ketika sahur dan berbuka. Selain air, dapat juga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan cairan yang dapat membantu memenuhi asupan cairan pada kulit.

Jangan lupa untuk mencuci muka dengan pembersih muka yang lembut dan air hangat lakukan secara rutin. Pilih pembersih yang bebas zat kimia dan pewangi agar terhindar dari alergi. Lakukan mencuci muka ini sehari dua kali agar tetap terjaga kebersihan dan kelembabannya. Penggunaan pelembab dan tabir surya juga jangan sampai terlupakan sebagai perawatan kulit agar terhindar dari dehidrasi.

“Kelembaban kulit akan tetap terjaga walau sedang berpuasa selama kita tetap menjaga asupan cairan yang masuk dalam tubuh dengan rutin serta mengkonsumsi air putih dan juga sayuran yang kaya akan cairan. Selain itu tidak lupa juga rutin merawat kulit dengan pelembab dan tabir surya” ujar dr. Rahma Evasari, Sp.D agar berpuasa tetap dapat dijalani dan kulit tidak akan terdehidrasi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit dehidrasi perawatan kulit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top