Pindang ikan Palembang, salah satu kuliner Palembang yang terkenal selain pempek./Bisnis-Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019
Kuliner

Ini Rekomendasi Kuliner di Jalur Mudik Jawa - Sumatra

Lukman Nur Hakim
Rabu, 27 April 2022 - 18:36
Bagikan

5. Pendap (Bengkulu)

Pendap adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari bahan dasar ikan. Jenis ikan yang digunakan bisa apa saja, yakni ikan air tawar maupun ikan air laut.

Untuk cara membuatnya tidaklah sulit, ikan yang sudah dicuci hingga bersih kemudian dibumbui dengan bumbu rempah seperti bawang putih, kencur, cabai, garam, hingga kelapa muda parut.

6. Sop Tunjang (Riau)

Hidangan sup ini terbuat dari kaldu tunjang yaitu tulang kaki sapi sehingga dapat dipastikan Moms akan mendapatkan cita rasa kaldu yang sangat khas dan gurih.

Salah satu yang menjadikan sup tunjang cukup unik, sebab biasanya akan menemukan sedikit sisa daging yang sengaja dibiarkan menempel pada bagian kaki sapi. Bagi Anda yang datang atau melewati Riau jangan lupa untuk menyicipi sop tunjang ini.

7. Nasi Kapau (Sumatra Barat)

Berbeda dengan nasi padang, nasi kapau merupakan santapan khas Sumatra Barat yang hampir mirip dengan nasi padang. Akan tetapi, yang menjadi unik dari nasi kapau ini adalah cara penyajiannya. Jika nasi padang disajikan dengan lauk yang sudah di display dalam sebuah lemari kaca, berbeda dengan nasi kapau. 

Nasi kapau ini disajikan langsung di depan pembeli dan sang penjual mengambil makanan dari belakang sajian makanan tersebut dengan menggunakan sendok panjang, sehingga seperti tangan yang menjulur ke dalam piring saji. 

Bagi Anda yang datang atau mudik ke Padang, jangan lupa untuk mencicipi nasi kapau yang otentik dari padang langsung.

8. Bihun Bebek (Medan, Sumatra Utara)

Salah satu kuliner yang patut Anda coba di Medan adalah, Bihun Bebek. Bihun bebek merupakan makanan berkuah kaldu bebek yang berupa bihun rebus dan diberi irisan bebek di atasnya, kemudian ditaburi irisan bawang puting goreng dan seledri.

Cita rasa bihun bebek sangat gurih dengan aroma yang menggoda, sangat cocok dimakan pada saat cuaca sedang dingin.

9. Mie Aceh (Aceh)

Kuliner yang satu ini sudah banyak tersedia di berbagai daerah. Biasanya Mie Aceh dijual di kedai makanan khas Aceh bersama dengan Teh tarik dan martabak. Namun, ketika pergi ke Aceh jangan sampai terlewatkan untuk mencoba Mie Aceh yang otentik dibuat di Aceh

Mie Aceh memiliki tekstur yang kenyal dengan bumbu rempah yang gurih dan kaya rempah. Tersedia varian mie goreng atau mie kuah dengan telur, daging, kepiting, seafood, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro