Makan malam/
Health

Kamu Sering Skip Makan Malam? Ini Dampak Buruknya pada Tubuh

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 18 Mei 2022 - 13:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Banyak orang yang melewatkan makan malam mereka karena lupa atau bahkan sengaja untuk diet

Tapi, ternyata melewatkan makan malam lebih berbahaya bagi tubuh Anda. Dilansir dari Eat This Not That, melewatkan makan malam dapat memengaruhi tidur dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Disengaja atau tidak, melewatkan makan malam secara teratur dapat menjadi bumerang dan menyebabkan kualitas tidur yang buruk yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dari waktu ke waktu.

Tanpa meluangkan waktu untuk makan malam yang seimbang, tubuh Anda dapat kehilangan nutrisi penting dan memasuki keadaan kekurangan kalori yang dibutuhkan tubuh Anda.

Defisit kalori ringan adalah satu hal, tetapi jika terlalu ekstrem, rasa lapar dapat membangunkan Anda sepanjang malam atau membuat Anda lebih sulit merasa cukup rileks untuk memasuki tidur nyenyak. Selain itu, nutrisi yang cukup diperlukan untuk menghasilkan hormon pengatur tidur serotonin dan melatonin.

Kekurangan nutrisi menyebabkan kurang tidur serta gangguan tidur. Secara khusus, kekurangan vitamin D dikaitkan dengan risiko gangguan tidur yang lebih tinggi. Adapun suasana hati, energi, kekebalan, dan metabolisme akan dipengaruhi oleh kurang istirahat karena makan yang kurang dan/atau makan yang tidak konsisten.

Tidur adalah kebutuhan dan fungsi penting yang memungkinkan tubuh dan pikiran Anda untuk mengisi ulang, yang membuat Anda segar dan waspada ketika Anda bangun.

Tidur yang tepat juga membantu tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit. Otak tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa jumlah tidur yang cukup. Ini merusak kemampuan Anda untuk berkonsentrasi, berpikir jernih, dan mengingat sesuatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro