Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Khasiat Niacinamide, yang Kini Tengah Digandrungi di Dunia Skin Care

Niacinamide, juga disebut nicotinamide, adalah bentuk vitamin B-3, nutrisi penting. Kekurangan B-3 dapat menyebabkan gangguan pada kulit, ginjal, dan otak. Mengambil niacinamide dapat membantu mencegah defisiensi B-3.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Mei 2022  |  21:39 WIB
Ilustasi perempuan mengaplikasikan skincare wajah - Freepik
Ilustasi perempuan mengaplikasikan skincare wajah - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Melansir Medical News Today, banyak studi psikologi membuktikan, mencintai diri sendiri adalah kunci untuk kesehatan mental dan kesejahteraan, menjaga depresi, dan kecemasan.

Untuk dapat menciptakan pikiran dan keadaan psikologis yang positif, haruslah dimulai dari dalam diri sendiri terlebih dahulu dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah tampil percaya diri dan berbahagia dengan keunikan yang kita miliki.

Menurut health & skincare expert dr Abelina, MM, MARS (MHA), salah satu cara terbaik untuk membuat diri bahagia adalah memfokuskan banyak waktu dan perhatian pada tubuh kita. Dengan memfokuskan diri pada tubuh kita maka akan langsung mengetahui apa yang dibutuhkan agar diri kita bahagia. dr Abelina menganjurkan untuk merawat kecantikan kulit dengan produk skincare yang menjaga kecantikan alami kulit.

“Pilih skincare yang tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya dan mengandung bahan alami yang kaya nutrisi dan aman digunakan untuk segala jenis kulit wajah, apalagi tipe kulit wajah yang sensitif,” ujar dr Abelina.

Buat wanita, merawat diri bisa dilakukan dengan memilih skincare yang tepat untuk wajahnya.

Dia  memaparkan salah satu kandungan skin care yang kini sedang digandrungi dan hasilnya memuaskan yakni yang mengandung niacinamide.

Melansir Healthline, Niacinamide, juga disebut nicotinamide, adalah bentuk vitamin B-3, nutrisi penting. Kekurangan B-3 dapat menyebabkan gangguan pada kulit, ginjal, dan otak. Mengambil niacinamide dapat membantu mencegah defisiensi B-3.

Dan masih banyak lagi nutrisi ini, terutama dalam hal kesehatan kulit secara umum. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, niacinamide topikal dapat membantu mengobati kondisi kulit tertentu, termasuk jerawat dan eksim.

Terlepas dari kesamaan nama, niacinamide tidak sama dengan niacin. Mereka adalah dua jenis vitamin B-3 yang berbeda.

Namun, tubuh Anda dapat membuat niacinamide dari suplemen niacin yang Anda konsumsi. Ini terjadi ketika ada jumlah niasin yang berlebihan di dalam tubuh. Triptofan dalam tubuh juga dapat diubah menjadi niacinamide.

Adapun berikut 10 manfaat dari Niacinamide 

1. Kekebalan

Niacinamide membantu membangun keratin, sejenis protein yang menjaga kulit Anda tetap kencang dan sehat.

2. Penghalang lipid

Niacinamide dapat membantu kulit Anda menumbuhkan penghalang ceramide (lipid), yang pada gilirannya dapat membantu mempertahankan kelembapan. Ini bermanfaat untuk semua jenis kulit, terutama jika Anda memiliki eksim atau kulit dewasa.

3. Meminimalkan kemerahan dan blotchiness

Niacinamide mengurangi peradangan, yang dapat membantu meringankan kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit inflamasi lainnya.

4 Meminimalkan tampilan pori

Menjaga kulit tetap halus dan lembab mungkin memiliki manfaat sekunder — pengurangan alami dalam ukuran pori dari waktu ke waktu.

5. Mengatur minyak. Manfaat retensi kelembaban tidak hanya untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering. Niacinimide juga dapat membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous dan mencegah kelenjar Anda menjadi overdrive.

6. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari

Niacinamide secara bersamaan dapat membangun kembali sel-sel kulit yang sehat sekaligus melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

7. Mengobati hiperpigmentasi

Beberapa penelitian telah menemukan konsentrasi niacinamide 5 persen dapat membantu dalam meringankan bintik-bintik gelap. Manfaat terlihat setelah empat minggu, tetapi tidak lebih dari dua bulan. Manfaat ini mungkin karena peningkatan produksi kolagen.

8. Meminimalkan garis-garis halus dan kerutan

Penelitian juga menemukan bahwa konsentrasi yang sama sangat membantu dalam mengurangi beberapa tanda kerusakan akibat sinar matahari yang menyertai penuaan. Ini termasuk garis-garis halus dan kerutan.

9. Melindungi dari stres oksidatif

Niacinamide membantu membangun sel-sel di kulit sekaligus melindunginya dari tekanan lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, dan racun.

10. Mengobati jerawat

Niacinamide dapat membantu untuk jerawat parah, terutama bentuk peradangan seperti papula dan pustula. Seiring waktu, Anda mungkin melihat lebih sedikit lesi dan memperbaiki tekstur kulit.

Vayanadela Murbarani, Assistant Brand Manager, Première Beauté  mengatakan saat ini mereka meluncurkan rangkaian skincare terbarunya yaitu Luminous White Natural Brightening Series dan Glow Series Acne Care Products yang diciptakan khusus untuk kulit cantik alami. Kedua rangkaian ini mengandung niacinamide dengan tingkat kemurnian yang tinggi dan 7 ekstrak herbal alami yang mampu meregenerasi kulit dan memancarkan kecantikan alaminya.

VP Product Development Première Beauté, Eric Urruti, menyatakan skin care yang mengandung 99,4% niacinamide dengan kemurnian tinggi yang diimpor dari Eropa yang efektif mengurangi intoleransi kulit (alergi) dan dapat mencerahkan kulit dalam 13 hari. Beberapa uji klinis tingkat tinggi telah mengkonfirmasi bahwa niacinamide dapat secara efisien dan aman bahkan mencerahkan warna kulit, dengan konsentrasi 2-5% efektif dan tanpa efek samping seperti alergi.

Selain itu, mereka juga menggunakan 7 ekstrak tumbuhan istimewa, yaitu Cantella Asiatica, ekstrak akar polygonum cuspidatum, ekstrak akar scutellaria baicalensis, daun teh, ekstrak licorice, chamomile, dan ekstrak daun rosemary. Ketujuh ekstrak tumbuhan ini dapat menenangkan kulit yang alergi (kulit sensitif), memperbaiki kulit yang dehidrasi, pecah-pecah & bersisik, serta memberikan manfaat untuk meredakan iritasi & memperbaiki kulit.

"Rangkaian Luminous White Natural Brightening Series terdiri dari facial wash, essence toner, serum, night cream, dan sunscreen. Kelima rangkaian ini memiliki keunggulan bahan alami," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perawatan wajah Skincare
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top