Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Kekurangan Gizi yang Umum Dialami, Ciri-ciri dan Cara Mengatasinya

Berikut berbagai indikasi yang Ditunjukkan tubuh saat mengalami kekurangan nutrisi yang berbeda
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Mei 2022  |  12:12 WIB
Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu. - Boldsky
Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa buah yang terlarang bagi penyakit tertentu. - Boldsky

Bisnis.com, JAKARTA - Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh.

Makanan yang kita makan memberi tubuh kita nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan kapasitas penuh. Nutrisi dan mineral yang berbeda menyediakan dan mempromosikan fungsi yang berbeda dalam tubuh kita. Kekurangan zat gizi dan mineral tersebut dapat menimbulkan berbagai efek bagi tubuh.

Berikut berbagai indikasi yang Ditunjukkan tubuh saat mengalami kekurangan nutrisi yang berbeda seperti dilansir dari NDTV

1. Vitamin D

Ada berbagai cara tubuh Anda mungkin menunjukkan kekurangan vitamin D. Merasa kehilangan energi, kelelahan, dan kelelahan juga merupakan tanda-tanda vitamin D. Vitamin D memainkan peran integral dalam menjaga kesehatan tulang kita. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan nyeri pada tulang serta otot. Anda dapat menambahkan produk susu, jeruk, dan ikan berlemak untuk meningkatkan asupan vitamin D Anda.

2. Vitamin B12

Vitamin B12 membantu dalam produksi sel darah merah dalam DNA. Ini juga telah terbukti meningkatkan fungsi neurotransmiter. Kekurangan vitamin B dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, anemia, kehilangan memori, lidah bengkak, dll. Bahkan dapat membuat kemampuan berpikir Anda kabur dan kabur. Kekurangan vitamin B12 mungkin umum terjadi pada vegan dan vegetarian karena produk susu, unggas, daging merah, makanan laut, dan daging organ adalah sumber utama vitamin B12.

3. Magnesium

Magnesium adalah mineral lain yang membantu tulang menjaga kesehatannya dan juga meningkatkan produksi energi. Kekurangan magnesium yang cukup dalam makanan dapat menyebabkan mual, muntah, kurang nafsu makan, lesu, lemas, dan sebagainya.

4. Kalium

Kalium adalah mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi tubuh. Beberapa di antaranya adalah fungsi jantung, kontraksi otot, dan masih banyak lagi. Ini juga membantu menjaga tekanan darah, stroke, dll. Beberapa gejala kalium rendah dalam tubuh adalah sembelit, kelemahan otot, kram, mati rasa, jantung berdebar, dll. Pisang dan kacang-kacangan adalah sumber potasium yang bagus.

5. Folat

Folat juga dikenal sebagai asam folat. Sangat penting bagi orang hamil untuk mengkonsumsinya. Folat membantu pertumbuhan bayi dan mengurangi risiko kelainan apa pun. Beberapa gejala kekurangan folat dalam tubuh adalah lekas marah, diare, kelelahan, dll. Beberapa makanan kaya folat adalah kacang-kacangan, biji-bijian, kacang tanah, biji-bijian, sayuran silangan, telur, dan sebagainya. Namun, dalam kasus wanita hamil, mengonsumsi suplemen mungkin dianjurkan oleh dokter.

6. Kalsium

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, kalsium secara signifikan membantu menjaga tulang dan otot yang kuat. Ini juga membantu tubuh melakukan fungsi saraf. Beberapa gejala defisiensi kalsium yang paling umum adalah ketidakteraturan irama jantung, mati rasa atau kesemutan pada jari, dll. Produk susu dan sayuran silangan merupakan sumber kalsium yang baik.

7. Zat Besi

Zat besi sangat bermanfaat bagi tubuh dan merupakan salah satu mineral yang paling bermanfaat. Zat besi membantu dalam produksi sel darah merah, produksi protein dalam sel darah merah, memberikan oksigen ke otot, produksi hormon dalam tubuh, dan sebagainya. Kekurangan zat besi dapat diidentifikasi dengan gejala seperti kelelahan, sakit kepala, kulit mudah mengelupas, kaki dan tangan dingin, kuku rapuh, sesak napas, detak jantung lebih cepat, dll. Sayuran silangan merupakan sumber zat besi yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gizi nutrisi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top