Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Mencegah Penularan Cacar Monyet (Monkeypox)

Simak 5 cara untuk mencegah penularan penyakit cacar monyet (Monkeypox).
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  15:36 WIB
Ilustrasi tangan seseorang terinfeksi virus cacar monyet atau Monkeypox - BBC
Ilustrasi tangan seseorang terinfeksi virus cacar monyet atau Monkeypox - BBC

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan belum ada kasus positif penyakit menular cacar monyet (Monkeypox) di Indonesia. Meskipun belum terdeteksi, tetapi pemerintah telah sigap untuk mencegah penularan cacar monyet.

Otoritas Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah mengaktifkan alat pendeteksi panas di  pelabuhan kapal dan bandara  untuk memindai penumpang yang  suhu tubuhnya naik di atas 37,5 derajat Celcius. Kemudian, memeriksa kondisi tubuh sesuai gejala penyakit cacar monyet. 
 
Adapun, Kemenkes mendorong masyarakat Indonesia untuk  hidup bersih dan sehat sebagai upaya pencegahan. 
 
Penularan cacar monyet tidak mudah dan belum pernah terjadi pada hewan atau manusia di Indonesia. Namun, masyarakat tetap perlu waspada. Penting untuk diingat tetap bersih dan sehat, serta segera temui dokter jika merasa memiliki gejala cacar monyet.
  
Kasus cacar monyet pertama kali dilaporkan pada manusia  ditemukan di  Singapura saat seorang turis dari Nigeria sedang berkunjung. Ini merupakan kasus pertama di Asia Tenggara. Namun, cacar monyet pada manusia ini telah banyak terjadi di negara-negara kawasan Afrika Barat dan Tengah, seperti Republik Afrika Tengah, Liberia, Nigeria, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, dan Sierra Leone.

Sampai saat ini, belum ada vaksin atau perawatan yang diketahui aman untuk kasus cacar monyet. Vaksin cacar/smallpox dipercaya mampu mencegah infeksi virus tersebut, tetapi vaksin ini jarang tersedia di pasar bebas setelah cacar dinyatakan punah beberapa tahun lalu. 

Jadi, saat ini masyarakat hanya bisa melakukan antisipasi untuk tertular cacar monyet. Melansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) pada Selasa (24/5/2022), berikut pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari cacar monyet.

Cara Mencegah Penularan Cacar Monyet (Monkeypox)

  1. Hindari kontak dengan hewan yang dapat menjadi sarang virus (termasuk hewan yang sakit atau yang ditemukan mati di daerah di mana cacar monyet terjadi)
  2. Hindari kontak dengan bahan apa pun (seperti darah atau daging yang tidak dimasak dengan baik) yang telah bersentuhan dengan hewan yang sakit
  3. Pisahkan penderita yang terinfeksi dari orang lain yang bisa berisiko terinfeksi
  4. Bersihkan tangan, baik setelah kontak dengan hewan atau orang yang terinfeksi. Misalnya, mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol
  5. Gunakan alat pelindung diri saat merawat penderita. Sebaiknya tenaga kesehatan, laboratorium, maupun orang yang diduga terpapar dengan penderita dan spesimennya diberikan vaksin smallpox.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes Cacar monyet
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top