Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada, Sering Sakit Telinga Jadi Gejala Kanker Mulut

Kanker mulut adalah salah satu dari beberapa jenis kanker yang dikelompokkan dalam kategori yang disebut kanker kepala dan leher.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 28 Mei 2022  |  15:47 WIB
Telinga - ilustrasi
Telinga - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA— Penyakit kanker mulut bisa dideteksi sejak dini dari gejala yang ditimbulkan, salah satunya adalah sakit sariawan dan 

Sekitar 8.300 orang didiagnosis menderita kanker mulut setiap tahun di Inggris, yaitu sekitar satu dari setiap 50 kanker yang didiagnosis. Ada beberapa tanda yang bisa terjadi dan sakit telinga salah satunya.

Dilansir dari Express UK, Sabtu (28/5/2022) kanker mulut adalah salah satu dari beberapa jenis kanker yang dikelompokkan dalam kategori yang disebut kanker kepala dan leher. Rasa sakit di telinga Anda yang tidak membaik dalam beberapa hari adalah kemungkinan tanda kanker mulut.

Selain kemungkinan sakit telinga, tanda dan gejala kanker mulut lainnya adalah:

1. Sakit bibir atau mulut yang tidak kunjung sembuh

2. Bercak putih atau kemerahan di bagian dalam mulut Anda

3. Gigi goyang

4. Pertumbuhan atau benjolan di dalam mulut Anda

5. Sakit mulut

6. Sulit atau menyakitkan menelan

The Mouth Cancer Foundation memperingatkan bahwa mayoritas kematian akibat kanker mulut terjadi karena keterlambatan deteksi, akibat rendahnya kesadaran masyarakat akan tanda, gejala, dan risikonya.

Cancer Research UK mengatakan Anda harus menemui dokter Anda jika Anda memiliki:

1. Bisul di mulut Anda yang tidak akan sembuh

2. Rasa sakit atau tidak nyaman di mulut yang tidak kunjung hilang

3. Gejala yang tidak biasa bagi Anda

4. Gejala yang tidak kunjung hilang

Jika kanker mulut didiagnosis lebih awal, penyembuhan total seringkali terjadi pada sembilan dari 10 kasus hanya dengan operasi. Jika kankernya lebih besar, masih ada peluang bagus untuk sembuh, tetapi pembedahan harus diikuti dengan radioterapi atau kombinasi radioterapi dan kemoterapi.

Secara keseluruhan, sekitar enam dari 10 orang dengan kanker mulut akan hidup setidaknya lima tahun setelah diagnosis mereka, dan banyak yang akan hidup lebih lama tanpa kanker itu kembali. Anda berisiko lebih tinggi terkena kanker mulut jika Anda merokok atau menggunakan tembakau dengan cara lain, seperti mengunyah tembakau.

Selain merokok, ada beberapa faktor risiko lainnya yaitu minum alkohol secara berlebihan, yang dapat meningkatkan risiko empat kali lipat, dan memiliki HPV.

Kanker mulut dan tenggorokan dapat tumbuh dan menyebar dengan sangat cepat sehingga penting bagi Anda untuk menemui dokter umum atau dokter gigi sesegera mungkin jika Anda merasa memiliki salah satu tanda dan gejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker mulut penyakit kanker
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top