Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Lanjut Usia Nasional, Ini 5 Cara untuk Sayangi Orang Tua

Hari Lanjut Usia Nasional diperingati setiap tanggal 29 Mei. Berikut 5 cara sederhana untuk sayangi orang tua.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 29 Mei 2022  |  10:49 WIB
Ilustrasi orang tua bersama anak perempuan - Freepik
Ilustrasi orang tua bersama anak perempuan - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional jatuh pada hari ini, Minggu (29/5/2022). Berikut 5 cara sederhana untuk menyayangi orang tua yang bisa Anda terapkan.

Rasanya, tidak ada orang tua yang tidak menyayangi anaknya. Hal ini terbukti pada cinta dan kasih sayang mereka yang sudah anak terima, bahkan ketika masih berada dalam kandungan.

Sebagai anak, tentu Anda memiliki keinginan untuk membalas rasa cinta dan sayang yang diberikan orang tua.

Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang kesulitan untuk menunjukkan rasa sayang kepada orang tua. Paling umum, kita hanya bisa mengatakan bahwa kita sayang pada orang tua pada ucapan di momen-momen tertentu maupun status di media sosial.

Padahal untuk menunjukkan rasa sayang pada orang tua itu tidak terbatas pada dua hal itu semata.

Menyambut Hari Lanjut Usia Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei, berikut 5 cara sederhana untuk menujukkan rasa sayang pada orang tua seperti dikutip dari Ayo Bantu.

1. Patuh

Patuh, satu kata yang sederhana diucapkan, namun terkadang sulit untuk dilaksanakan. Pada dasarnya, orang tua pasti akan senang jika memiliki anak yang penurut.

Meski telah beranjak dewasa, seorang anak di mata orang tua tetaplah sosok yang perlu mendapatkan bimbingan melalui tutur ucapnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mematuhi perkataan orang tua.

2. Tidak Memaksakan Kehendak

Selain menunjukkan kepatuhan, salah satu hal paling simpel yang dapat kamu lakukan untuk menunjukkan rasa sayang kepada orang tua adalah dengan cara tidak memberikan tekanan atas apa yang Anda inginkan.

Sederhananya, Anda tidak memaksakan keinginanmu pada orang tua, apalagi sampai merengek dan mengancam jika tidak dituruti. Hal itu justru akan menambah beban pikiran orang tua.

3. Tunjukkan Prestasi

Perlu digarisbawahi, prestasi yang dimaksud tidak terbatas pada prestasi akademik saja, melainkan dalam hal pencapaian lainnya. Beberapa contohnya, Anda menjadi juara kompetisi musik, game, lulus jadi PNS, atau naik jabatan di tempat kerja.

Dengan menunjukkan hal tersebut, orang tua akan merasa bangga dan berhasil mendidik anak-anaknya untuk menjadi orang yang sukses.

4. Berikan Hadiah

Memberikan hadiah pada orang tua secara tidak langsung berarti kamu sudah berterima kasih pada mereka atas kerja kerasnya untuk merawat Anda sejak kecil hingga dewasa. Tidak perlu memberi hadiah mahal-mahal.

Hadiah kecil sekalipun yang diberikan pada mereka, terlebih pada hari spesial keduanya, sudah barang tentu akan membawa senyum bahagia bagi keduanya. Hal tersebut nampaknya cukup menggambarkan rasa sayang terhadap orang tua.

5. Selalu Membantu

Ingatlah ketika orang tua mendidik dan membesarkan Anda sampai sekarang. Memang, jasa orang tua tidak akan pernah tergantikan sampai kapan pun.

Namun, tidak ada salahnya bagi seorang anak untuk siap membantu orang tua dan memberikan pertolongan terlebih di saat fisik mereka yang tidak lagi prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang tua lanjut usia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top