Steak/eswete.com
Health

8 Gejala Tumor Payudara seperti yang Diidap Marshanda, Hindari Konsumsi Makanan Ini

Nabila Dina Ayufajari
Senin, 30 Mei 2022 - 18:20
Bagikan

Catat! Ini Makanan yang Bisa Memicu Kanker Payudara

Adapun, bentuk antisipasi yang bisa dilakukan untuk menghindari kanker payudara. Salah satunya adalah mengubah pola hidup menjadi sehat dan mengatur asupan makanan ke tubuh.

5 jenis makanan yang perlu dihindari karena dapat memicu kanker payudara

1. Daging Merah yang Dibakar

Steak dan sate adalah salah satu contoh daging merah yang dibakar dan tidak baik untuk kesehatan payudara. Oleh karena itu, konsumsi harus dibatasi hingga 500 gram atau kurang per minggu. Perhatikan cara memasaknya karena akan membentuk heterocyclic amines (HCAs). HCAs diduga menyebabkan kanker payudara, paru-paru, usus besar, dan prostat.

2. Alkohol

Beberapa penelitian telah mengonfirmasi bahwa asupan alkohol dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Batas aman untuk konsumsi alkohol adalah satu cangkir sehari. Lebih dari itu, risiko terkena kanker payudara meningkat 11 persen untuk setiap gelas alkohol yang diteguk.

3. Gula

Asupan gula yang berlebihan dapat meningkatkan kadar insulin. Menurut penelitian, insulin merupakan promotor utama pertumbuhan tumor. Kehadiran insulin dalam jumlah besar dalam darah juga meningkatkan kadar estrogen bebas yang bersirkulasi.

4. Susu Tinggi Lemak dan Produk Olahannya

Menurut beberapa penelitian, orang yang makan susu tinggi lemak dan keju dapat berisiko lebih tinggi terkena kanker. Para peneliti menduga bahwa hal itu terkait dengan estrogen. Karena hormon ini larut dalam lemak, minuman ini ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi dalam susu tinggi lemak daripada dalam susu rendah lemak. Beberapa jenis kanker payudara memiliki reseptor estrogen dan diberi nutrisi oleh estrogen.

5. Daging yang Sudah Diproses

Para peneliti telah menemukan bahwa bahan-bahan yang digunakan sebagai pengawet dalam daging olahan, seperti sosis, ham, dan bacon diubah menjadi bahan penyebab kanker ketika berada dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro