Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Bayam hingga Brokoli, Ini 5 Sayuran Ampuh Turunkan Kolesterol

Kontrol kolesterol bisa dilakukan lewat makanan yang Anda konsumsi, termasuk terdapat beberapa sayuran tertentu yang dapat membantu menurunkan dan mengelola kadar kolesterol Anda.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 03 Juni 2022  |  18:32 WIB
Dari Bayam hingga Brokoli, Ini 5 Sayuran Ampuh Turunkan Kolesterol
Petani memanen sayuran kubis yang terserang hama ulat tritip (Plutella maculipennis) di salah satu lahan pertanian di Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (2/2). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Kolesterol tinggi menjadi menjadi ancaman bagi seseorang terkena sakit jantung.

Karena itu, Anda harus menjaga pola makan dan juga menerapkan gaya hidup sehat agar kolesterol Anda terkontrol.

Kontrol kolesterol bisa dilakukan lewat makanan yang Anda konsumsi, termasuk terdapat beberapa sayuran tertentu yang dapat membantu menurunkan dan mengelola kadar kolesterol Anda.

Berikut 5 sayuran terbaik untuk menurunkan kolesterol, dilansir dari Eat This Not That:

1. Bayam

Bayam mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, terutama dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh. Hal ini karena serat dan kolesterol akan saling menempel, sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol.

2. Asparagus

Asparagus adalah sayuran lain yang penuh dengan nutrisi bermanfaat. Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Kaya akan folat, asparagus juga membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi.

3. Brokoli

Brokoli serba guna, lezat, dan penuh nutrisi yang menyehatkan jantung untuk membantu Anda mengelola kolesterol. Brokoli adalah sayuran yang bagus untuk menurunkan kolesterol karena memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Brokoli juga mengandung beta-karoten, yang membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (jenis jahat) dalam aliran darah.

4. Kubis

Kubis bagus untuk menjaga jantung yang lebih sehat. Mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi serangan penyakit jantung. Mereka juga mengandung vitamin C yang sangat baik, yang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan dengan demikian dapat menurunkan tekanan darah.

5. Artichoke

Artichoke tidak seperti sayuran lain seperti brokoli atau bayam, artichoke penuh dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengelola kolesterol. Artichoke tinggi serat, magnesium, dan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Mereka juga mengandung vitamin K, yang membantu mencegah pembentukan gumpalan darah di dalam arteri. Dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sayuran kolesterol
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top