Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diabetes Tipe 2 Mempercepat Penuaan di Otak

Dilansir dari Web MD, pemindaian MRI mengungkapkan bahwa orang dengan diabetes memiliki penyusutan jaringan otak, mirip dengan akselerasi 26% pada penuaan otak normal.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 06 Juni 2022  |  12:49 WIB
Diabetes Tipe 2 Mempercepat Penuaan di Otak
Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Sebuah studi baru menunjukkan bahwa Diabetes tipe 2 dapat membuat otak menua lebih cepat.

Sehingga penderitanya bisa mengalami kelemahan daya ingat dan berpikir.

Dengan meneliti data dari 20.000 orang dewasa paruh baya dan lebih tua, para peneliti menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 umumnya memiliki memori dan keterampilan berpikir lebih buruk daripada mereka yang tidak menderita diabetes.

Dilansir dari Web MD, pemindaian MRI mengungkapkan bahwa orang dengan diabetes memiliki penyusutan jaringan otak, mirip dengan akselerasi 26% pada penuaan otak normal.

Sudah diketahui umum bahwa jaringan otak secara bertahap menyusut seiring bertambahnya usia, dengan area tertentu lebih cepat layu daripada yang lain. Temuan baru menunjukkan bahwa penderita diabetes memiliki atrofi di area otak seperti kehilangan 10 tahun usia otaknya.

Banyak penelitian yang menghubungkan diabetes dengan penurunan ketajaman mental yang lebih cepat ketika usianya beranjak tua dan risiko demensia yang lebih tinggi.

Hal ini disebabkan karena pada diabetes tipe 2, tubuh tidak dapat menggunakan hormon insulin dengan baik, yang memungkinkan sel-sel tubuh mengkonsumsi glukosa (gula) untuk energi.

Akibatnya, kadar gula darah menjadi tinggi secara kronis yang dapat merusak pembuluh darah dan saraf di seluruh tubuh. Orang dengan penyakit ini berisiko mengalami komplikasi serius seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, dan stroke.

Otak adalah "konsumen besar" glukosa dan jika sel-sel otak (neuron) tidak dapat menggunakan insulin, maka mereka akan mengalammi masalah.

Jika Anda membuat neuron kelaparan, otak akan mengalami atrofi. Kelaparan neuron inilah yang merupakan kekuatan utama yang mendorong penuaan otak lebih cepat.

Temuan ini didasarkan pada lebih dari 20.000 orang dewasa, berusia 50 hingga 80 tahun, yang merupakan bagian dari proyek penelitian berkelanjutan yang disebut U.K. Biobank. Mereka mengambil tes standar kemampuan kognitif seperti memori, kecepatan pemrosesan informasi, dan fungsi eksekutif seperti perencanaan dan organisasi.

Rata-rata, studi tersebut menemukan, orang dengan diabetes tipe 2 mendapat skor lebih rendah pada tes kognitif, dibandingkan dengan orang bebas diabetes pada usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan yang sama. Skor fungsi eksekutif mereka 13% lebih rendah, dan kinerja kecepatan pemrosesan mereka hampir 7% lebih rendah.

Temuan memang menunjukkan bahwa orang dengan diabetes menunjukkan penuaan yang dipercepat di otak. Penyakit serebrovaskular yaitu kerusakan pada pembuluh darah yang memasok otak adalah alasan utama diabetes menguras ketajaman mental. Tetapi ada kemungkinan bahwa beberapa mekanisme seperti kelaparan neuron tadi sedang bekerja.

Pencegahan menjadi sangat ideal. Beberapa faktor risiko diabetes tipe 2 seperti usia yang lebih tua dan riwayat keluarga memang tidak dapat diubah. Tetapi diet sehat, olahraga, dan menurunkan berat badan berlebih dapat membantu mencegah penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes otak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top