Kacang-kacangan merupakan makanan tinggi protein/Freepik
Health

Ini Dia Protein Terbaik dan Ampuh Cegah Sakit Jantung

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 14 Juni 2022 - 10:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Protein merupakan salah satu dari tiga makronutrien utama (di samping karbohidrat dan lemak), yang memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh.

Dari memperbaiki dan membangun jaringan hingga meningkatkan massa otot dan meningkatkan kesehatan tulang, protein adalah bagian penting dari diet sehat.

Namun, masih banyak orang mengonsumsi protein dua kali lebih banyak dari yang mereka butuhkan. Padahal, makan terlalu banyak protein ini dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda terutama kesehatan jantung. 

Menurut ahli medis Lauren Manaker dari Eat This, protein terbaik untuk jantung Anda adalah kacang-kacangan.

"Makanan berprotein nabati ini tidak hanya memberikan manfaat pada bagian protein, tetapi juga menyediakan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan jantung," kata Manaker dilansir dari Eat This.

Bahkan, dalam ulasan tahun 2019 yang diterbitkan dalam Advances in Nutrition, peneliti menemukan bahwa partisipan yang paling banyak mengonsumsi kacang-kacangan dan kacang-kacangan mengalami penurunan kejadian penyakit jantung koroner (10%), hipertensi (9%), dan penyakit kardiovaskular (8 %).

Untuk menambah daftar manfaat kesehatan jantung, makan kacang juga terbukti membantu menurunkan kolesterol.

"Serat larut yang ditemukan dalam kacang secara harfiah dapat menghambat kolesterol diserap oleh tubuh," kata Manaker.

Dalam analisis terhadap 26 penelitian di AS dan Kanada, para peneliti menemukan bahwa peserta yang makan kira-kira satu porsi (3/4 cangkir) kacang polong per hari mengalami penurunan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol "jahat" sebesar 5%. .

Pedoman Diet A.S. untuk orang Amerika merekomendasikan agar orang dewasa makan sekitar tiga cangkir kacang polong — termasuk kacang — per minggu. Ini memecah menjadi sekitar setengah cangkir kacang setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro