Manfaat Stroberi untuk kesehatan/greenwells.com
Relationship

Manfaat Rutin Makan Stroberi, Bikin Sehat hingga Jaga Kecantikan Kulit

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 16 Juni 2022 - 18:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stroberi adalah buah golongan berry yang menjadi favorit banyak orang terutama di musim panas.

Rasanya yang segar dan manis membuat strawberry cocok dijadikan beragam sajian, mulai dari minuman hingga dipadukan dengan makanan.

Selain rasanya yang enak, stroberi juga sehat untuk tubuh. Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam stroberi dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting. Misalnya, stroberi kaya akan vitamin C dan polifenol, yang merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah perkembangan beberapa penyakit.

Selain itu, stroberi dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya sebagai berikut:

Sensitivitas insulin

Polifenol dalam stroberi telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin pada orang dewasa non-diabetes. Stroberi tidak hanya rendah gula, tetapi juga membantu Anda memetabolisme bentuk glukosa lainnya.

Perlindungan Kulit

Stroberi memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mencegah kerusakan kulit saat dioleskan. Dalam satu penelitian kecil, perawatan kosmetik berbasis stroberi melindungi kulit yang terpapar radiasi Ultraviolet A (UVA) yang berbahaya, terutama dalam kombinasi dengan Coenzyme Q10

Mengendalikan Osteoarthritis

Satu penelitian kecil menunjukkan manfaat anti-inflamasi stroberi juga dapat melindungi bagian tubuh lainnya, termasuk persendian. Untuk penderita osteoartritis dan nyeri lutut, stroberi dapat membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak serta meningkatkan kualitas hidup. Konsumsi stroberi telah terbukti secara signifikan mengurangi rasa sakit yang konstan, intermiten, dan total bagi penderita osteoartritis.

Pencegahan Penyakit

Stroberi mengandung berbagai senyawa bioaktif yang telah menunjukkan efek perlindungan terhadap penyakit kronis. Efek antioksidan dan anti-inflamasinya dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mental. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memasukkan stroberi, serta buah beri lainnya, ke dalam makanan Anda dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, kanker, Alzheimer, dan gangguan lainnya.

Nutrisi

Stroberi kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya, yang membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan serius seperti kanker, diabetes, stroke, dan penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro