Minuman yang Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah/boldsky.com
Health

Ini Minuman yang Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 21 Juni 2022 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Memiliki kadar kolesterol tinggi berarti ada terlalu banyak lemak atau lipid di dalam pembuluh darah Anda.

Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah, yang pada akhirnya menyebabkan masalah jantung atau stroke.

Selain olah raga dan pola hidup sehat, penelitian telah mengungkapkan bahwa campuran sederhana dari bawang putih dan jus lemon dapat 'secara signifikan' mengurangi kadar kolesterol.

Studi yang dilakukan oleh para akademisi di Universitas Ilmu Kedokteran Isfahan di Iran, menemukan kombinasi keduanya “menghasilkan peningkatan kadar lipid dan tekanan darah orang dengan hiperlipidemia”.

Untuk mencapai temuan mereka, tim merekrut 112 pasien berusia antara 30 dan 60 dengan kolesterol tinggi dan membagi mereka "secara acak" menjadi empat kelompok.

Selama periode delapan minggu, kelompok pertama diberi 20 gram bawang putih dan satu sendok makan jus lemon setiap hari, sedangkan yang kedua hanya diberi 20 gram bawang putih setiap hari.

Kelompok ketiga menerima satu sendok makan jus lemon setiap hari, tetapi kelompok keempat tidak.

Sampel darah kontrol diambil dan tinggi badan, berat badan, dan tekanan darah dicatat pada awal dan akhir percobaan.

Makalah, yang diterbitkan dalam International Journal of Preventive Medicine, menjelaskan hasil menunjukkan penurunan yang signifikan dalam kolesterol total, kolesterol lipoprotein densitas rendah, dan fibrinogen pada kelompok satu, dibandingkan dengan kelompok lain.

“Penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih besar diamati pada kelompok satu dibandingkan dengan kelompok tiga dan empat. Selanjutnya, penurunan besar dalam indeks massa tubuh diamati pada kelompok campuran dibandingkan dengan jus lemon dan kelompok kontrol." tulis laporan mereka seperti dilansir dari Express.

Makalah ini menyimpulkan kombinasi bawang putih dan jus lemon menghasilkan peningkatan kadar lipid dan tekanan darah orang dengan hiperlipidemia.

Studi lebih lanjut untuk menentukan dosis bawang putih dan jus lemon yang tepat untuk pasien ini diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro