Money Heist: Korea - Joint Economic Area/netflix
Entertainment

Perbedaan Money Heist Versi Korea dan Spanyol: Setting, Pemain, Alur 

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 23 Juni 2022 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Serial adaptasi Money Heist: Korea - Joint Economic Area akan dirilis secara resmi besok, Jumat (24/6/2022).

Meski memiliki garis besar cerita yang sama, Money Heist Korea memiliki perbedaan yang dimunculkan oleh sang sutradara.

Dari konferensi pers virtual yang digelar pada Rabu, Sutradara Kim Hong Sun mengaku sedikit kesulitan membawa Money Heist versi Korea.

Latar tempat

Ia harus tetap menyesuaikan cerita dengan budaya Korea Selatan. Hal itu pun menjadikan serial ini memiliki perbedaan dengan yang asli.

Bukan terjadi di dunia nyata, Money Heist: Korea-Joint Economic Area berlatarkan di satu negara yang fiktif.

"Kurasa, jika latarnya dibawa ke dunia masa depan, ceritanya akan bisa lebih mudah diterima banyak orang. Sehingga, Joint Economic Area adalah satu kota fiksi yang kami buat untuk serial ini. Kota itu menjadi awal persatuan dari Korea Utara dan Selatan," ucap Kim Hong Sun.

Kritik sosial

Dengan bersatunya Korea Selatan dan Utara ini menimbulkan sebuah harapan dan keinginan di tengah masyarakat.

Kemudian, para perampok di bawah pengawasan profesor ini memiliki tujuan untuk perampok uang kertas yang ada di negara tersebut.

Topeng

Salah satu pemain, Park Hae Soo, menjelaskan bahwa tim produksi sengaja membedakan topeng tersebut karena mengandung pesan yang berbeda.

"Topeng memiliki banyak pesan yang ingin disampaikan dalam serial ini. Versi Spanyol menggunakan topeng Dali untuk menyampaikan pesan tentang kebebasan, kami versi Korea menggunakan topeng Hahoe dari daerah Andong. Topeng Hahoe mengandung kritik terhadap penguasa dan memiliki sisi humornya juga," kata Park Hae Soo dalam konferensi pers pada Rabu, (22/6/2022).

Park Hae Soo mengaku pertama kali menerima topeng Hahoe seperti merasakan energi yang tidak biasa. Bahkan energi tersebut dirasakan oleh setiap pemain.

"Ketika topeng dibawa ke saya, saya benar-benar bisa merasakan rasa kekuatan yang luar biasa. Ketika topeng tersebut dipakai oleh para pemain lainnya terasa berbeda," kata Park Hae Soo yang berperan sebagai Berlin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro