Nanas
Health

Manfaat Makan Buah Nanas, dari Cegah Kanker hingga Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 26 Juni 2022 - 09:09
Bagikan

Antioksidan hinga Cegah Kanker

1. Sarat dengan nutrisi

Nanas rendah kalori tetapi memiliki profil nutrisi yang mengesankan. Hanya 1 cangkir (165 gram) potongan nanas mengandung nutrisi berikut:

Kalori: 83
Lemak: 1,7 gram
Protein: 1 gram
Karbohidrat: 21,6 gram
Serat: 2,3 gram
Vitamin C: 88% dari Nilai Harian (DV)
Mangan: 109% dari DV
Vitamin B6: 11% dari DV
Tembaga: 20% dari DV
Tiamin: 11% dari DV
Folat: 7% dari DV
Kalium: 4% dari DV
Magnesium: 5% dari DV
Niasin: 5% dari DV
Asam pantotenat: 7% dari DV
Riboflavin: 4% dari DV
Besi: 3% dari DV

Nanas juga mengandung sejumlah kecil fosfor, seng, kalsium, dan vitamin A dan K.

Seperti yang Anda lihat, buah ini sangat kaya akan vitamin C dan mangan. Vitamin C sangat penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, dan pertumbuhan dan perkembangan, sementara mangan menawarkan sifat antioksidan dan membantu pertumbuhan dan metabolisme

Antioksidan membantu mencegah oksidasi dalam tubuh Anda, yang dapat membantu menangkal peradangan yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit kronis lainnya.

Nanas juga mengandung mikronutrien lainnya, seperti tembaga, tiamin, dan vitamin B6, yang penting untuk metabolisme yang sehat

2. Mengandung antioksidan penangkal penyakit

Nanas tidak hanya kaya nutrisi tetapi juga sarat dengan antioksidan — molekul yang membantu tubuh Anda menangkal stres oksidatif.

Stres oksidatif disebabkan oleh banyaknya radikal bebas, molekul tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel yang sering dikaitkan dengan peradangan kronis, kesehatan kekebalan yang melemah, penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid dan senyawa fenolik. Dua penelitian pada tikus menunjukkan bahwa antioksidan nanas mungkin memiliki efek melindungi jantung, meskipun penelitian pada manusia masih kurang.

Terlebih lagi, banyak antioksidan dalam nanas dianggap sebagai antioksidan terikat, artinya mereka menghasilkan efek yang tahan lama

3. Dapat membantu pencernaan

Anda akan sering menemukan nanas disajikan bersama daging dan unggas di negara-negara seperti Brasil.

Menariknya, buah ini mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain yang dapat memperlancar pencernaan daging

Bromelain berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptida kecil

Setelah molekul protein dipecah, usus kecil Anda dapat lebih mudah menyerapnya. Ini sangat membantu bagi orang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup.

Bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging komersial karena kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras.

Satu studi tabung menemukan bahwa bromelain mengurangi penanda inflamasi di jaringan pencernaan, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Terlebih lagi, nanas adalah sumber serat yang baik, yang membantu kesehatan pencernaan (2Trusted Source).

4. Dapat mengurangi risiko kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perkembangannya umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian mencatat bahwa nanas dan senyawanya, termasuk bromelain, dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu mengobati kanker yang telah berkembang.

Misalnya, satu penelitian tabung menemukan bahwa bromelain menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel, sementara penelitian pada tikus menemukan bahwa bromelain meningkatkan efek terapi antikanker.

Studi tabung reaksi lainnya telah menghasilkan hasil yang serupa untuk kanker kulit, kolorektal, atau saluran empedu.

Selanjutnya, penelitian tabung dan hewan yang lebih tua telah menemukan bahwa bromelain dapat merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan molekul yang membuat sel darah putih lebih efektif dalam menekan pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan sel kanker.

Konon, nanas mengandung bromelain jauh lebih sedikit daripada suplemen.

Satu ulasan penelitian pada manusia menemukan tidak ada manfaat menggunakan enzim oral seperti bromelain bersama terapi kanker, meskipun penelitiannya beragam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro