Orang dengan Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Kena Kanker Pankreas
Health

Hati-hati, Orang dengan Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Kena Kanker Pankreas

Mia Chitra Dinisari
Senin, 27 Juni 2022 - 09:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi menyebutkan bahwa golongan darah tertentu menempatkan seseorang lebih berisiko terkena kanker pankreas.

Saat ini, ada empat golongan darah utama termasuk A, B, AB dan O, dan manakah yang paling berisiko?

Sebuah penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menunjukkan bahwa golongan darah B dikaitkan dengan penurunan risiko semua jenis kanker yang signifikan secara statistik dibandingkan dengan golongan darah A.

Studi lain menemukan bahwa golongan darah B juga dikaitkan dengan risiko kanker perut dan kandung kemih yang jauh lebih rendah.

Namun dalam salah satu studi penelitian awal, mereka yang bergolongan darah B memiliki peluang 72 persen lebih tinggi terkena kanker pankreas.

Temuan yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, menyoroti bahwa orang dengan golongan darah A, B atau AB lebih mungkin untuk mengembangkan kanker pankreas daripada individu dengan tipe O.

Menurut penelitian, berbeda dengan orang dengan golongan darah O, orang dengan tipe A memiliki peluang 32 persen lebih tinggi terkena kanker pankreas, sedangkan mereka yang bertipe AB dan tipe B memiliki peluang 51 persen dan 72 persen lebih tinggi. masing-masing.

Melalui penelitian tersebut, ditemukan bahwa 17 persen kasus kanker pankreas dikaitkan dengan pewarisan golongan darah non-O.

Namun, ilmuwan mengklarifikasi bahwa temuan tersebut tidak menunjukkan hubungan langsung antara golongan darah non-O dan perkembangan kanker pankreas.

Kanker pankreas terjadi ketika sel-sel abnormal mulai tumbuh tak terkendali di dalam pankreas, yang merupakan organ yang bertanggung jawab untuk memproduksi cairan pencernaan. Ini juga dapat mempengaruhi area di pankreas yang mengatur kadar gula darah.

Menurut Mayo Clinic, beberapa tanda dan gejala kanker pankreas adalah sebagai berikut

- Sakit perut yang menjalar ke punggung

- Kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak diinginkan

- Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice)

- Kotoran berwarna terang

- Urine berwarna gelap

- Kulit yang gatal

- Diagnosis baru diabetes atau diabetes lama yang semakin sulit dikendalikan

- Pembekuan darah

- Kelelahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro