Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Bahan Alami untuk Sembuhkan Perut Kembung

Dilansir dari Webmd, berikut 10 bahan alami untuk redakan perut kembung Anda
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  10:28 WIB
10 Bahan Alami untuk Sembuhkan Perut Kembung
10 Bahan Alami untuk Sembuhkan Perut Kembung, pisang salah satunya - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perut kembung pasti sangat menganggu dan tidak membuat aktivitas Anda nyaman.

Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa kencang, penuh, dan terlihat membesar. Kondisi ini terjadi karena gas di perut terlalu banyak sehingga menimbulkan kram atau rasa tidak nyaman di perut.

Ketika seseorang makan atau minum, ada udara atau gas yang ikut tertelan dan masuk ke kerongkongan dan menuju perut. Gas tersebut dapat naik kembali ke kerongkongan dan dikeluarkan melalui sendawa, atau ke perut dan dikeluarkan melalui kentut atau buang angin.

Dilansir dari Webmd, berikut 10 bahan alami untuk redakan perut kembung Anda

1. Alpukat

Buah berbentuk buah pir ini (ya, itu buah!) Dikemas dengan potasium. Tubuh Anda membutuhkan potasium untuk mengatur kadar natriumnya, yang pada gilirannya mengontrol jumlah air yang Anda tampung. Semakin baik sistem itu bekerja, semakin sedikit kembung yang Anda miliki.

2. Pisang

Pisang memberikan pukulan potasium. Satu studi menunjukkan bahwa wanita yang makan pisang sebelum makan mengalami kembung lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Para ahli berpikir itu karena mereka menghasilkan bakteri usus tertentu yang membantu menenangkan produksi gas di perut.

3. Seledri

Makanlah seledri untuk meningkatkan hidrasi agar pencernaan Anda bergerak. Sebagai bonus, seledri juga menyediakan flavonoid tertentu (molekul tumbuhan kecil) yang mengurangi peradangan di tubuh Anda -- termasuk di usus Anda.

4. Kunyit

Bumbu yang memberi warna kuning pada kari ini mengandung sedikit senyawa kurkumin. Studi menunjukkan kurkumin dapat menjinakkan gejala IBS, mengurangi ketidaknyamanan, mengatur sistem pencernaan, dan mengurangi kembung.

5. Peppermint

Studi menunjukkan kapsul peppermint dapat membantu mengendurkan otot-otot dalam sistem pencernaan Anda. Ini membantu mendorong gas untuk meredakan perut kembung. Teh peppermint dapat memiliki efek menenangkan yang sama.

6. Jahe

Jahe dengan rasa pedas membuat cairan usus Anda mengalir. Ini membantu pencernaan Anda dan membantu perut Anda kosong lebih cepat, yang mencegah kembung.

7. Asparagus

Dikenal karena membuat kencing Anda bau, asparagus adalah sumber inulin yang baik, serat tidak larut yang memberi makan bakteri baik di usus Anda dan membantu Anda tetap teratur.

8. Adas

Sayuran akar ini dan bijinya memiliki senyawa yang meredakan kejang di saluran pencernaan Anda. Dengan lebih sedikit kejang, gas bisa melewati usus Anda dengan lebih mudah sehingga kembung tidak menumpuk.

9. Tomat

Diet yang mencakup tomat akan memuat Anda pada likopen, antioksidan yang bekerja sebagai anti-inflamasi di seluruh tubuh Anda. Tomat juga kaya akan potasium, yang menurunkan kadar natrium penyebab kembung dalam tubuh Anda.

10. Kefir

Beberapa penelitian mengatakan minum kefir, minuman seperti yogurt yang difermentasi, menghilangkan gas perut sebanyak 70%. Kefir membantu memecah gula dalam susu yang dapat menyebabkan kembung dan nyeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pisang jahe Bahan Alami alpukat sakit perut
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top