Ilustrasi perut kembung / Istimewa
Health

5 Tips Simple Menghilangkan Perut Kembung dengan Cepat

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 April 2022 - 09:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merasa kembung bukanlah perasaaan yang menyenangkan.

Ini bisa sangat tidak nyaman jika Anda harus keluar atau Anda berada di tengah-tengah sesuatu yang penting.

Kembung dapat menyebabkan kegelisahan, ketidaknyamanan dan kesulitan bagi Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang dihadapi. Ini biasanya terjadi karena penumpukan gas di saluran pencernaan (GI), yang dapat terjadi karena beberapa alasan.

Dilansir dari Times of India, yang paling umum adalah makanan yang Anda makan dan cara Anda memakannya. Kabar baiknya adalah Anda dapat menghilangkan kembung dengan mudah dengan mengikuti beberapa pengobatan rumahan sederhana.

Berikut adalah lima yang paling efektif dan simple yang bisa menghilangkan kembung dengan cepat :

1. Pijat perut Anda

Memijat perut dengan lembut juga dapat membantu memindahkan gas ke perut bagian bawah dan mengeluarkannya dari tubuh. Pijat harus dilakukan dengan cara tertentu, mengikuti jalur usus besar untuk mendapatkan hasil yang cepat. Letakkan tangan di atas tulang pinggul kanan dan gosok dengan gerakan melingkar dengan tangan ringan ke arah sisi tulang rusuk. Ulangi proses untuk sementara waktu.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat yang menenangkan untuk waktu yang lama juga merupakan obat yang efektif untuk menghilangkan kembung. Panasnya mandi air hangat dapat meredakan sakit perut dan juga membantu Anda mengatasi penumpukan gas. Melakukan hal ini bahkan dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda dan meningkatkan efektivitas saluran GI Anda.

3. Tingkatkan asupan serat

Jika Anda sering menderita masalah kembung, tingkatkan asupan serat dalam diet Anda. Makan lebih banyak serat dalam sehari dapat membuat tinja menjadi lebih banyak dan mengurangi risiko kembung dan sembelit. Asupan serat harian yang disarankan adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Seseorang dapat dengan mudah memenuhi persyaratan dengan memasukkan lebih banyak sayuran dan buah-buahan dalam makanan.

4. Makan makanan dan minuman yang membuat perut kembung

Ya, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu Anda mengatasi masalah kembung dan memakannya saat merasa kenyang bisa membantu mengeluarkan gas. Pertama-tama, tingkatkan asupan air Anda. Anda juga bisa mencoba teh hijau. Selain itu, pisang sangat baik untuk mereka yang menderita masalah kembung. Biji adas dan yoghurt juga membantu.

5. Lakukan latihan ringan

Saat merasa kenyang atau kembung, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga. Menggerakkan tubuh Anda mengkontraksikan otot-otot perut dan melepaskan kelebihan gas dari saluran pencernaan. Itu bisa membuat Anda merasa lebih ringan dan santai dalam beberapa menit. Pose Wind-Releasing, Child's pose dan Seated Forward Bend adalah pose yoga yang mudah, cocok untuk menghilangkan masalah kembung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro